KAJIAN TEKNIK BUDIDAYA TANAMAN NANAS (Ananas comosus (L.) Merr) DI YAGAJI PREFEKTUR OKINAWA JEPANG DAN DI PRINGGASELA LOMBOK TIMUR (HASIL PROGRAM INTERNSHIP JAPAN AGRICULTURAL OKINAWA APRIL 2022- JANUARI 2023)

Abdul Hasan, Ashari (2023) KAJIAN TEKNIK BUDIDAYA TANAMAN NANAS (Ananas comosus (L.) Merr) DI YAGAJI PREFEKTUR OKINAWA JEPANG DAN DI PRINGGASELA LOMBOK TIMUR (HASIL PROGRAM INTERNSHIP JAPAN AGRICULTURAL OKINAWA APRIL 2022- JANUARI 2023). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KAJIAN BUDIDAYA NANAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Arikel abdul hasan ashari.pdf

Download (568kB) | Preview

Abstract

Indonesia sebagai negara tropis sangat berpotensi dalam pengembangan budidaya buah nanas. Desa pringgaseela merupakan pusat budidaya nanas di Lombok Timur. Teknik budidaya secara konvensional sehingga hasil budidaya buah nanas yang diperoleh kurang maskimal. Berbeda dengan yang didapatkan di Yagaji Prefektur Okinawa Jepang, Teknik yang digunakan sudah maju dan teratur sehingga kualitas hasilnya lebih baik. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui teknik budidaya tanaman nanas di Yagaji Prefektur Okinawa Jepang dan untuk mengetahui perbandingan teknik budidaya dengan desa Pringgasela Lombok Timur. Metode yang digunakan adalah deskripsi dengan teknik survei. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi di Lapangan. Analisis data berupa analisis kejadian. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa teknik budidaya tanaman nanas di Yagaji Prefektur Okinawa Jepang sudah maju dan teratur. Teknik perbanyakan tanaman menggunakan stek batang sehingga menghasilkan bibit yang seragam dan sangat cocok untuk budidaya secara massal. Sementara teknik budidaya yang digunakan di Desa Pringgasela dilakukan secara Konvensional. Perbanyakan tanaman menggunakan anakan sehingga tidak cocok untuk budidaya secara masal. Budidaya tanaman nanas harus memperhatikan teknik budidaya yang baik dan benar sehingga memperoleh hasil yang optimal. Penggunaan bibit yang baik juga harus diperhatikan agar menghasilkan produk nanas yang berkualitas

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nanas, Teknik budidaya, Pringgasela, Yagaji A
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 May 2023 10:05
Last Modified: 26 May 2023 10:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38741

Actions (login required)

View Item View Item