RANCANG BANGUN PROTOTYPE MICROBIAL FUEL CELL DENGAN MEMANFAATKAN MIKROBA PADA FESES SAPI SEBAGAI SUMBER ENERGI TERBARUKAN

Hamdun, Hamdun and Natsir, Abdul and Nababan, Sabar RANCANG BANGUN PROTOTYPE MICROBIAL FUEL CELL DENGAN MEMANFAATKAN MIKROBA PADA FESES SAPI SEBAGAI SUMBER ENERGI TERBARUKAN. Academia.

[img]
Preview
Text
RANCANG BANGUN PROTOTYPE MICROBIAL FUEL CELL DENGAN MEMANFAATKAN MIKROBA PADA FESES SAPI SEBAGAI SUMBER.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Listrik merupakan salah satu komponen yang sangat berperan banyak dalam kehidupan suatu bangsa dan bahkan bagi setiap manusia. Di Indonesia, listrik diperoleh dengan cara mengolah berbagai macam sumberdaya fosil secara besar-besaran sehingga mengakibatkan menurunnya cadangan bahan bakar fosil. Salah satu upaya untuk mencegah hal tersebut adalah dengan mulai membangun sumber-sumber energi terbarukan seperti memanfaatkan mikroorganisme sebagai penghasil energi listrik melalui sistem microbial fuel Cell (MFC). Sistem MFC akan memanfaatkan hasil dari proses metabolisme bakteri. Bakteri akan melakukan metabolisme dengan mengurai glukosa menjadi hidrogen (H2) dan oksigen(O2). Hidrogen merupakan bahan baku yang digunakan untuk reaksi reduksi dengan oksigen, sehingga melepaskan elektron pada anoda sebagai sumber arus listrik. Sistem MFC yang digunakan adalah single chamber terdiri dari komponen rekator yang terbuat dari bahan akrilik, elektroda anoda dari bahan Aluminium foil, elektroda katoda dari bahan grafith, dan substrat utama dari feses sapi. Besar tegangan yang dihasilkan oleh MFC dipengaruhi oleh beberapa variabel diantaranya Formulasi substrat, jenis substrat, luas penampang elektroda, dan waktu yang dibutuhkan mikroba untuk bermetabolisme sehingga menghasilkan tegangan yang optimum. Jenis formulasi substrat yang menghasilkan tegangan paling optimum adalah 2200 ml pelarut, 40 gram NaCl, dan 100 gram feses sapi yaitu sebesar 1.318 Volt.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): MFC, Sel Bahan Bakar, Feses Sapi, Energi Terbarukan
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mr Sabar Nababan
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:09
Last Modified: 05 Jun 2023 03:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38777

Actions (login required)

View Item View Item