Pengaruh Lama Waktu Perendaman Terhadap Pengawetan Bambu Tali (Gigantochloa Apus) Menggunakan Metode Perendaman Dingin

Tri Wulandari, Febriana and Dewi, Ni Putu Ety Lismaya (2021) Pengaruh Lama Waktu Perendaman Terhadap Pengawetan Bambu Tali (Gigantochloa Apus) Menggunakan Metode Perendaman Dingin. Jurnal Media Bina Ilmiah, 16 (5). pp. 6797-6806. ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505 (online)

[img]
Preview
Text
Pengaruh Lama Waktu Perendaman Terhadap Pengawetan Bambu Tali (Gigantochloa Apus) Menggunakan Metode Perendaman Dingin.pdf

Download (292kB) | Preview
Official URL: http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/artic...

Abstract

Bambu tali merupakan salah jenis bambu yang terdapat di Nusa Tenggara Barat. Bambu ini dapat digunakan untuk bahan anyaman, kandang burung, alat rumah tangga, dan konstruksi ringan serta memiliki kualitas serat yang baik sebagai bahan baku pulp maupun kertas. Selain memiliki beberapa keunggulan, bambu juga memiliki kelemahan yaitu mudah terserang oleh jamur pelapuk dan kumbang bubuk karena bambu memiliki kadar pati dan selulosa yang disukai oleh organisme perusak. untuk meningkatkan keawetan bambu melalui proses pengawetan sebelum diolah dan paling sederhana dan murah dengan menggunakam metode perendaman dingin. Salah satu pengawet nabati yang mempunyai potensi tinggi dalam membunuh kumbang bubuk atau organisme perusak lainnya adalah umbi gadung karena mengandung senyawa racun sianida (HCN) sebesar 362 ppm. Lama waktu perendaman merupakan salah satu factor yang menentukan keberhasilan dari proses pengawetan bambu karena berpengaruh terhadap kesempatan larutan pengawet masuk ke dalam bambu melalui dinding-dinding selnya. tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh nilai absorbsi, retensi teoritis dan retensi aktual terhadap lama waktu perendaman pengawetan Bambu Tali (Gigantochloa Apus). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Rancangan percobaan yang digunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor (lama waktu perendaaman) dengan 2 perlakuan (3 hari dan.5 hari). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan Lama waktu perendaman bambu tali tidak berpengaruh terhadap nilai absorbsi, retensi teoritis dan retensi aktual. Nilai absorbsi bambu tali 0,110 – 0,360 gr/cm3, nilai retensi teroritis 0,010- 0,040gr/cm3 dan nilai retensi aktual- 0.015 – 0,003 gr/cm3.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Lama Waktu Perendaman, Bambu Tali, Perendaman Dingin
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Febriana Tri Wulandari
Date Deposited: 29 May 2023 03:38
Last Modified: 29 May 2023 03:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38801

Actions (login required)

View Item View Item