HASIL TURNITIN KAJIAN KRITIS TERHADAP KETAHANAN PANGAN RUMAHTANGGA DAN FENOMENA STUNTING: KASUS PADA DUA DESA DI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT.

Nurjannah, Siti and Yanuartati, B Y E and Syarifuddin, Syarifuddin (2021) HASIL TURNITIN KAJIAN KRITIS TERHADAP KETAHANAN PANGAN RUMAHTANGGA DAN FENOMENA STUNTING: KASUS PADA DUA DESA DI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT. Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Mataram, Mataram.

[img]
Preview
Text
5.KAJIAN KRITIS TERHADAP KETAHANAN PANGAN RUMAHTANGGA DANFENOMENA STUNTING- KASUS PADA DUA DESA DI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://agrimansion.unram.ac.id/index.php/Agri/arti...

Abstract

Fenomena ketimpangan antara jumlah penduduk dan ketersediaanlahan makin tidak seimbang dewasa ini. Kondisi ini berdampak pada tidak terpenuhinya ketahanan pangan rumah tangga, gizi buruk, dan kejadian balita stunting. Tujuan penelitian adalah (1) Mengkaji ketahanan pangan rumahtangga yang mengalami kejadian stunting, (2) Menganalisisperilaku terhadap keragaman pangan, pola makan dalam hubungannya dengan kejadian stunting, (3) Mengetahui strategi dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi masalah stunting. Penelitian ini menggunakan metodekuantitatif dan kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketahanan pangan rumah tangga masih dikategorikan agak rentan pangan karenaketerbatasan dalam ketersediaan, stabilitas, aksebilitas dan keterjangkauan, kualitas dan keamanan pangan, sehingga melakukan strategi adaptasi untuk memenuhi pangan keluarga. Perilaku terhadap keberagaman pangan menunjukkan adanya keajegan antara sikap dan tingkah laku, ketidak ajegan dimana sikap tidak mempunyai hubungan dengan tingkah laku, dan adanya konsistensi kontingen dimana hubungan antara sikap dengan tingkah laku tergantung situasi tertentu. Penyebab stunting terdiri dari faktor ekonomi, sosial, lingkungan dan budaya. Beberapa strategi yang diupayakan untuk menurunkan stunting adalah meningkatkan kegiatan posyandu dan pemberian makanan sehat, penyuluhan tentang stunting dan memasyarakatkan tanaman kelor, membangun kampung KB.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): Ketahanan PanganRumahtangga, Perilaku, Stunting
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Baiq Yulfia Elsadewi Yanuartati SP., M.Rur.Sys.Man., Ph.D.
Date Deposited: 29 May 2023 03:40
Last Modified: 29 May 2023 03:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38818

Actions (login required)

View Item View Item