PRODUKTIVITAS PENUTUR BAHASA INDONESIA MILENIAL DALAM MENGGUNAKAN MORFEM AFIKS MEŊ- : KAJIAN MORFOLOGI

SABI, LA (2023) PRODUKTIVITAS PENUTUR BAHASA INDONESIA MILENIAL DALAM MENGGUNAKAN MORFEM AFIKS MEŊ- : KAJIAN MORFOLOGI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi sabila.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
JURNAL SABILA (E1C018092).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (747kB)

Abstract

Fokus kajian dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk produktivitas penutur bahasa Indonesia dalam menggunakan morfem afiks məŋpada kata sifat dan kata kerja. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif, karena data dalam penelitian ini merupakan kata-kata bukan angkaangka. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode simak dan dokumentasi. Pada penelitian ini, metode analisis data yang digunakan adalah metode padan intralingual. Metode penyajian hasil analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode formal dan informal. Dari hasil analisis data, ditemukan bentuk produktivitas penutur bahasa Indonesia dalam menggunakan morfem afiks məŋ- pada kata sifat yang memiliki makna yaitu, menyebabkan sesuatu menjadi seperti yang disebut pada kata dasar, contohnya pada kata mengbasah. Bentuk produktivitas penutur bahasa Indonesia dalam menggunakan morfem afiks məŋ- pada kata kerja yang memiliki makna yaitu, melakukan suatu kegiatan atau suatu pekerjaan, contohnya pada kata menglari. Penggunaan kata-kata baru sebagai bentuk kreativitas penutur bahasa Indonesia tersebut saat ini dapat dikatakan sebagai bentuk potensial

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): produktivitas, bentuk potensial, bahasa indonesia, morfem afiks, morfologi.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 May 2023 03:41
Last Modified: 29 May 2023 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38840

Actions (login required)

View Item View Item