KAJIAN YURIDIS TERHADAP SANGGAHAN DI DALAM TENDER YANG MENGANDUNG UNSUR PERSEKONGKOLAN PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH

TSANYA JUNIFI, ARDINA (2023) KAJIAN YURIDIS TERHADAP SANGGAHAN DI DALAM TENDER YANG MENGANDUNG UNSUR PERSEKONGKOLAN PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TSANYA JUNIFI ARDINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ILMIAH.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah menurut Perpres No. 12 Tahun 2021 dan kedudukan Sanggah tender yang mengandung unsur persekongkolan dalam Perlem Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa No.12 Tahun 2021. Penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode yuridis normatif, berdasarkan data sekunder yang berasal dari peraturan perundang-undangan, buku, literatur serta karya ilmiah yang terkait dengan objek yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah mengacu pada Perpres Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah dilakukan secara transparan dan akuntabel untuk mencegah terjadinya korupsi dan praktek yang tidak sehat, yaitu persekongkolan tender. Kedudukan sanggah tender terdapat dalam Perlem Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Nomor 12 Tahun 2021 tentang Standar Dokumen Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang harus dilaksanakan dengan penuh transparansi, akuntabilitas, dan integritas. Adanya sanggah tender, proses pengadaan barang dan jasa dapat dilakukan secara transparan dan terbuka, sehingga peluang terjadinya praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme dapat diminimalisasi, serta instansi pemerintah akan lebih berhati-hati dalam melakukan proses pengadaan barang dan jasa untuk meminimalisasi terjadinya kecurangan dalam proses tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kajian Yuridis, Sanggahan Tender, Persekongkolan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 May 2023 03:42
Last Modified: 29 May 2023 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38847

Actions (login required)

View Item View Item