KAJIAN KERENTANAN MASYARAKAT PESISIR DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN IKLIM ( STUDI KASUS DESA PARE MAS KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR )

BAIQ DINDA, AYU D. (2023) KAJIAN KERENTANAN MASYARAKAT PESISIR DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN IKLIM ( STUDI KASUS DESA PARE MAS KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ DINDA AYU D..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Baiq Dinda Ayu D. (L1C019013).pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Akibat adanya perubahan iklim mengakibatkan terjadinya angin puting beliung yang melanda Desa Pare Mas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kerentanan apa saja yang terjadi pada masyarakat pesisir dan juga untuk mengetahui strategi adaptasi yang di lakukan untuk meminimalisir kerentanan yang terjadi akibat perubahan iklim di Desa Pare Mas. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang dimana mengananlisis data menggunakan teori Habitus dan Arena Pierre Bourdieu. Informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi keabsahannya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat pesisir mengalami kerentanan dari akibat perubahan iklim dari berbagai aspek yakni ekonomi, fisik, lingkungan dan sosial sehingga masyarakat pesisir melakukan strategi adaptasi untuk meminimalisir dampak negatif dari perubahan iklim

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kerentanan, Masyarakat Pesisir, Perubahan Iklim
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 May 2023 03:44
Last Modified: 29 May 2023 03:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38864

Actions (login required)

View Item View Item