PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS PRODUK BARANG PALSU DENGAN KETERANGAN ORIGINAL YANG DIJUAL SECARA ONLINE DI SHOPEE

Erwin Jayadi, Putra (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS PRODUK BARANG PALSU DENGAN KETERANGAN ORIGINAL YANG DIJUAL SECARA ONLINE DI SHOPEE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Erwin Jayadi Putra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan hukum para pihak yang terkait dalam transaksi jual beli secara online di shopee. Yang kedua perlindungan hukum terhadap konsumen yang mengalami kerugian atas penggunaan produk palsu yang dibeli secara online di shopee. Metode penelitian yang digunakan oleh penyusun yaitu metode penelitian hukum normatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bagaimana hubungan hukum para pihak yang terkait dalam transaksi jual-beli pada situs/aplikasi shopee. Perlindungan terhadap konsumen yang mengalami kerugian atas penggunaan produk palsu dengan keterangan original yang dijual secara online di shopee mengacu pada beberapa peraturan perundang-undangan yaitu, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis, dan Perjanjian/ kontrak yang telah dibuat dan disepakati sebelumnya oleh penjual dan pembeli. Mengenai upaya hukum yang dapat dilakukan pemilik merek apabila merek dagangnya dipalsukan oleh pelaku usaha toko online di shopee yaitu dengan cara melakukan pengaduan dan berkoordinasi dengan Instansi Bea Cukai, mengajukan permohonan penetapan sementara ke Pengadilan Niaga, mengajukan Gugatan Perdata, dan melakuakan Tunututan Pidana.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): E-commerce, Produk Palsu, Perlindungan Konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 May 2023 07:55
Last Modified: 29 May 2023 07:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38893

Actions (login required)

View Item View Item