TINJAUAN YURIDIS AKIBAT HUKUM ADANYA UNSUR PENIPUAN DALAM PERJANJIAN UTANG PIUTANG (Studi Putusan Peninjauan Kembali Nomor 4 PK/PID/2019)

ZIKRIATUL, AINI (2023) TINJAUAN YURIDIS AKIBAT HUKUM ADANYA UNSUR PENIPUAN DALAM PERJANJIAN UTANG PIUTANG (Studi Putusan Peninjauan Kembali Nomor 4 PK/PID/2019). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ZIKRIATUL AINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ILMIAH ZIKRIATUL AINI.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akibat hukumnya jika terdapat unsur penipuan dalam perjanjian utang piutang dan bagaimanakah pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara pada putusan No. 4 PK/Pid/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian normatif, dengan metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan perundangundangan (Statue Approach), pendekatan konseptual (Conseptual Approach), dan pendekatan analisis (Analytical Approach). Berdasarkan hasil penelitian, dalam perkara ini menimbulkan akibat hukum, yakni Erni Saroinsong terbukti melakukan penipuan dan dipidana penjara selama 2 (dua) tahun dan perjanjian utang piutang diantara Erni Saroinsong dengan Robert Thoenesia dapat dimintakan pembatalan sesuai pasal 1328 KUHPerdata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penipuan, Utang Piutang, Akibat Hukum
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 May 2023 08:00
Last Modified: 29 May 2023 08:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38912

Actions (login required)

View Item View Item