ANALISIS KEUNTUNGAN DAN EFISIENSI PEMASARAN USAHA KERAJINAN TENUN KRE ALANG DI DESA POTO KECAMATAN MOYO HILIR KABUPATEN SUMBAWA

Azmi Dwi, Mulianti (2023) ANALISIS KEUNTUNGAN DAN EFISIENSI PEMASARAN USAHA KERAJINAN TENUN KRE ALANG DI DESA POTO KECAMATAN MOYO HILIR KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi _Azmi Dwi Mulianti_C1G019038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Azmi Dwi Mulianti_C1G019038.pdf

Download (612kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis besarnya keuntungan usaha kerajinan tenun Kre Alang di Desa Poto Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa. (2) Menganalisis saluran pemasaran usaha kerajinan tenun Kre Alang di Desa Poto Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa. (3) Menganalisis tingkat efisiensi pemasaran usaha kerajinan tenun Kre Alang di Desa Poto Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa. (4) Menganalisis kendala usaha kerajinana usaha tenun Kre Alang di Desa Poto Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah usaha kain tenun Kre Alang yang ada di Desa Poto Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa. Teknik penentuan daerah sampel menggunakan Purposive Sampling, sedangkan teknik penentuan responden menggunakan metode Slovin. Penentuan responden untuk lembaga pemasaran dilakukan secara Snowball Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata keuntungan tenun Kre Alang yang diterima oleh pengrajin sebesar Rp 950.846 per proses produksi atau Rp 11.420.478 per tahun. (2) Terdapat 4 bentuk saluran pemasaran tenun Kre Alang di Desa Poto Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa yaitu: 1.) Pengrajin/produsen – Pedagang pengumpul Desa (PPD) - Konsumen, 2.) Pengrajin – Pedagang Pengumpul Kabupaten (PPKab) – Pedagang Pengecer (PP) – Konsumen, 3.) Pengrajin – Pedagang Pengecer (PP) – Konsumen, 4.) Pengrajin – Konsumen. (3) Pada saluran pemasaran I diperoleh margin pemasaran sebesar Rp 150.000, share pengrajin sebesar 90 %, dan distribusi keuntungan sebesar 1, Saluran pemasaran II diperoleh margin pemasaran sebesar Rp 275.000, share pengrajin sebesar 83 %, dan distribusi keuntungan sebesar 0,9, Saluran pemasaran III diperoleh margin pemasaran sebesar Rp 100.000, share pengrajin sebesar 94 %, dan distribusi keuntungan sebesar 1. (4) kendala yang dialami dalam memproduksi dan memasarkan tenun Kre Alang yaitu kurangnya bahan baku untuk membuat tenun, persaingan produk yang serupa dengan harga yang lebih murah dan sebagian pengrajin memiliki pekerjaan utama yaitu sebagai petani

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keuntungan, Efisiensi Pemasaran, Kre Alang.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 May 2023 01:32
Last Modified: 30 May 2023 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38968

Actions (login required)

View Item View Item