PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI SUHU DAN KALOR BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

AYU SAFITRI, MELITA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI SUHU DAN KALOR BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis_Ayu Safitri Melita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
3726-Article Text-17970-1-10-20230430 copy.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (473kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam pengembangan ini ditujukkan untuk menghasilakn produk media pembelajaran berbasis STEM mata pelajaran fisika khusunya pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan penguasaan konsep dan berpikir kritis peserta didik yang valid, praktis, dan efektif. Desain dari penelitian ini menggunakan model 4D berupa Design, Define, Disseminate, dan Development. Dengan media pembelajaran berbasis STEM berupa kalorimeter digital sebagai produk yang dikembangkan. Instrumen tes, lembar validasi, dan angket respon digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Penilaian validitas produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi yang berjumlah tiga orang dan menggunakan aiken-V sebagai cara analisisnya. Keprakisan produk dianalisis menggunakan uji kepraktisan sedangkan uji efektif diperoleh dari peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan N-gain. Hasil penilaian validator terhadap media kalorimeter digital menunjukkan hasil rata-rata aiken-V sebesar 0,94 sangat valid. Hasil rata-rata untuk penilaian kepraktisan media yang dikembangkan dapat dilihat dari angket respon peserta didik yang menunjukkan nilai sebesar 4,51 berada pada kategori praktis. Hasil rata-rata untuk keefektifan media yang dikembangkan dapat dilihat dari peningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis yaitu sebesar 0,61 dan 0,42 dengan kriteria sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis STEM untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kalorimeter Digital, Kemampuan Berpikir Kritis, Media Pembelajaran, Penguasaan Konsep,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 May 2023 03:15
Last Modified: 30 May 2023 03:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38978

Actions (login required)

View Item View Item