ANALISIS PENDAPATAN DAN STRATEGI PEMASARAN P ADA UMKM SATE REMBIGA GOYANG LIDAH

Endang, Hartati (2023) ANALISIS PENDAPATAN DAN STRATEGI PEMASARAN P ADA UMKM SATE REMBIGA GOYANG LIDAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
file skripsi endang hartati pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
jurnal endang.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan UMKM sate rembiga goyang lidah, Mengetahui strategi pemasaran UMKM Sate Rembiga Goyang Lidah dan mengetahui hambatan yang sedang dihadapi. Metode dasar penelitian adalah deskriptif. Unit analisis pada penelitian ini adalah UMKM Sate Rembiga Goyang Lidah. Responden terdiri dari pemilik, marketing dan pegawai. Penentuan pemilik, karyawan dan konsumen dilakukan dengan accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 15 orang. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah (1) Analisis Biaya dan Pendapatan, (2) Analisis Bauran Pemasaran, (3) Analisis SWOT. Hasil penelitian ialah: 1). Pendapatan UMKM sate rembiga goyang lidah dalam satu kali proses produksi adalah sebesar Rp. 7.364.107. 2). Strategi pemasaran yang dilakukan UMKM Sate Rembiga Goyang lidah ialah: a. Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi dengan memfokuskan sertikasi dari LIPI dan BPOM, b. Menambah jenis produk dari bahan baku ikan dan ayam. c. Menambah variasi level kepedasan. 3). Kendala yang dihadapi oleh UMKM sate rembiga goyang lidah adalah penggunaan teknologi dan kurangnya keterampilan para karyawan menggunakan teknologi produksi yang modern. Sedangkan pemasaran adalah kurangnya promosi. Saran Diharapkan bagi UMKM Sate Rembiga Goyang Lidah tetap menjaga kualitas produk yang ditawarkan kepada konsumen. Harus sering mengikuti seminar tentang wirausaha dan membuat pelatihan terhadap pekerja dengan menggunakan alat teknologi yang canggih sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Meningkatkan promosi yang sudah ada dengan lebih aktif di sosial media dan menjalin Kerjasama dengan pihak lembaga pemasaran diluar kota Mataram agar produk dapat dikenal dantetap eksis sebagai oleh-oleh khas kota Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendapatan dan Strategi Pemasaran UMKM Sate Rembiga.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 May 2023 23:32
Last Modified: 30 May 2023 23:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39008

Actions (login required)

View Item View Item