SUHAIB, AL FARUQ (2023) PELAKSANAAN EVALUASI PADA MATERI TEKS HIKAYAT SISWA KELAS X DI SMKN 3 DAN MAN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI SUHAIB AL FARUQ_ REVISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
||
|
Text
JURNAL SUHAIB AL FARUQ .pdf Download (715kB) | Preview |
Abstract
Tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran ditentukan melalui proses penilaian, pengukuran dan evaluasi pembelajaran. Ketiga komponen di atas merupakan satu kesatuan yang dapat membantu dalam menentukan kesimpulan, baik tercapai tidaknya suatu tujuan pembelajaran. Secara lebih eksplisit, penilaian merupakan salah satu jenis pengukuran kemampuan siswa baik sebelum dan sesudah pembelajaran. Penelitian ini terfokus untuk menganalisis instrumen evaluasi dan pelaksanaan proses pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Rancangan penilaian dibutuhkan untuk menentukan perkembangan pengetahuan siswa baik pada saat proses maupun akhir dari pelaksanaan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan penulis pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian dokumentatif deskriptif. Jenis penelitian ini terfokus pada pengolahan data berupa angka dari berbagai sampel primer yang diuji secara kredibel. Hasil dari penilitian ini adalah bahwa pengukuran kualitas instrumen evaluasi dan pelaksanaan pembelajaran sangat perlu dilakukan untuk menimbang kemampuan Guru dalam mengolah setiap informasi yang akan disampaikan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan dari sampel yang diamati, yakni instrumen dan pelaksanaan evaluasi di SMKN 3 dan MAN 2 Mataram pada materi teks hikayat
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pembelajaran, Instrumen, Pelaksanan Evaluasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 31 May 2023 07:23 |
Last Modified: | 31 May 2023 07:23 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39026 |
Actions (login required)
View Item |