ANALISA PERBANDINGAN METODE SNI DAN LAPANGAN DALAM PERHITUNGAN HARGA SATUAN PEKERJAAN KONSTRUKSI (STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG AUDITORIUM BIR ALI II ASRAMA HAJI LOMBOK)

BAIQ HAYA ULYA, RIFADA (2023) ANALISA PERBANDINGAN METODE SNI DAN LAPANGAN DALAM PERHITUNGAN HARGA SATUAN PEKERJAAN KONSTRUKSI (STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG AUDITORIUM BIR ALI II ASRAMA HAJI LOMBOK). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI_BAIQ HAYA ULYA RIFADA_F1A018018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH_BAIQ HAYA ULYA RIFADA_F1A018018.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu hal penting yang menjadi bagian dari proyek konstruksi adalah estimasi biaya. Estimasi biaya ini sendiri biasanya diwujudkan dalam bentuk Rencana Anggaran Biaya (RAB), yang di dalamnya terdapat perhitungan biaya yang dibutuhkan suatu proyek meliputi bahan dan upah, serta biaya-biaya tidak langsung lainnya. Ada berbagai macam metode yang dapat digunakan dalam pengestimasian biaya pekerjaan proyek atau perhitungan analisa harga satuan pekerjaan ini. Salah satunya ialah menggunakan metode Standar Nasional Indonesia (SNI) maupun metode AHSP Permen PUPR. Dalam penggunaan metode SNI/AHSP ini digunakan koefisien-koefisien bahan dan upah tenaga kerja yang disusun dari kegiatan penelitian pekerjaan di lapangan. Namun seiring perkembangan zaman, pada kenyataannya kerap kali terdapat perbedaan-perbedaan yang terjadi di lapangan. Salah satu alternatif perhitungan harga satuan adalah dengan perhitungan dengan pendekatan lapangan. Metode yang digunakan ialah analisis ilmiah, yakni analisis kuantitatif. Hal ini dikarenakan penelitian ini melakukan eksplorasi lebih lanjut dengan harapan untuk menemukan fakta dan menguji teori-teori sebelumnya dengan menghitung analisa harga satuan pekerjaan konstruksi yang dilakukan menggunakan metode Analisa SNI dan analisis sesungguhnya di lapangan (menggunakan bantuan software Microsoft Project). Berdasarkan hasil penelitian perbandingan metode SNI dan lapangan dalam perhitungan harga satuan pekerjaan konstruksi didapatkan hasil perbandingan koefisien pekerjaan konstruksi pembangunan Gedung Auditorium Bir Ali II Asrama Haji Lombok antara metode SNI AHSP nomor 28. Tahun 2016 berbeda dengan perhitungan lapangan. Untuk pekerjaan tiang pancang, serta galian dan timbunan, di lapangan koefisiennya rata-rata lebih rendah dibanding AHSP 2016 nomor F.04.c dan AHSP 2016 nomor A.2.3.1. Untuk koefisien lapangan pada pekerjaan beton bertulang, pasangan bata ringan, dan plesteran nilainya lebih tinggi dibanding AHSP 2016 nomor A.4.1.1 dan AHSP 2016 nomor A.4.4. Namun, khusus untuk nilai koefisien mandor pada seluruh pekerjaan nilainya lebih kecil disbanding AHSP 2016 nomor A.4.1.1 dan AHSP 2016 nomor A.4.1.1 dan AHSP 2016 nomor A.4.4. Hasil total harga estimasi pekerjaan untuk perhitungan pada lapangan adalah sebesar Rp. 4.885.436.425,00, sedangkan untuk perhitungan SNI AHSP 2016 adalah sebesar Rp. 8.441.155.675.25,00. Selisih hasil perhitungan estimasi pekerjaan konstruksi pembangunan Gedung Auditorium Bir Ali II Asrama Haji Lombok menggunakan metode SNI AHSP 2016 dan perhitungan lapangan menggunakan Microsoft Project adalah sebesar Rp. 3.555.719.250,25. Hal ini diakibatkan adanya perbedaan penggunaan beberapa material seperti beton ready mix, bekisting batako pile cap, dan juga penggunaan bekisting yang berulang pada lapangan. Selain itu perbedaan jumlah tenaga kerja serta adanya perbedaan penggunaan alat seperti stamper juga ikut berpengaruh terhadap adanya perbedaan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): estimasi biaya, koefisien, proyek konstruksi, tenaga kerja, lapangan, material, SNI/AHSP.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Jun 2023 02:42
Last Modified: 02 Jun 2023 02:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39044

Actions (login required)

View Item View Item