PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V PASCA PANDEMI COVID-19 DI SDN 1 BAGIK POLAK BARAT

Baiq Ririn, Amalia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V PASCA PANDEMI COVID-19 DI SDN 1 BAGIK POLAK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi baiq ririn amalia E1E217028 (1) PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
2850-Article Text-13782-1-10-20230114.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruhmodel pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VSDN 1 Bagik Polak Barat pasca pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis quasi eksperimental research tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Bagik Polak Barat yang berjumlah 51 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan sampelsebanyak 26 siswakelas V/A dan 25 siswa kelas V/B SDN 1 Bagik Polak Barat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi aktivitas siswa serta tes hasil belajar menggunakan tes berupa pilihan ganda (pre-test dan post-test). Data dianalisis dengan bantuan SPSS versi 21. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan perhitungan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu 45.440 > 21.356 pada taraf signifikasn 5% dengan df = 51 dengan hasil observasi aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran mendapatkan skor 37 dengan persentase 61.66% berkategori sangat aktif. Hipotesis penelitian diterima berbunyi ada pengaruh model pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V pasca pandemi covid-19 di SDN 1 Bagik Polak Barat Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model course review horay lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar Course Review Horay
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Jun 2023 02:43
Last Modified: 02 Jun 2023 02:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39051

Actions (login required)

View Item View Item