ANALISIS KERUSAKAN RUAS JALAN TALABIU-SIMPASAI KABUPATEN BIMA MENGGUNAKAN APLIKASI PROVINCIAL AND KABUPATEN ROAD MANAGEMENT SYSTEM (PKRMS)

Karyawan, I Dewa Made Alit (2021) ANALISIS KERUSAKAN RUAS JALAN TALABIU-SIMPASAI KABUPATEN BIMA MENGGUNAKAN APLIKASI PROVINCIAL AND KABUPATEN ROAD MANAGEMENT SYSTEM (PKRMS). ANALISIS KERUSAKAN RUAS JALAN TALABIU-SIMPASAI KABUPATEN BIMA MENGGUNAKAN APLIKASI PROVINCIAL AND KABUPATEN ROAD MANAGEMENT SYSTEM (PKRMS), 15 (7). pp. 4877-4885. ISSN ISSN (Print): 1978-3787; ISSN (Online): 2615-3505

[img]
Preview
Text
Analisis Kerusakan Ruas Jalan Talabiu-Simpasai Kabupaten Bima.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/artic...

Abstract

Jalan yang terbebani oleh volume lalu lintas yang tinggi dan berulang-ulang akan mengalami penurunan kualitas. Indikatornya adalah kondisi permukaan jalan dari sisi struktural dan fungsional. Kajian Direktorat Jendral Bina Marga bekerja sama dengan Indonesia Infrastruktur Initiative (INDII), menyatakan penyebab utama kerusakan jalan di Indonesia adalah muatan berlebih (47%), kualitas pemeliharaan (20%), faktor desain (18%), dan kualitas konstruksi (15%). Ruas Jalan TalabiuSimpasai, adalah ruas jalan provinsi yang terletak di Kabupaten Bima, NTB. Ruas jalan ini telah mengalami kerusakan, terutama pada bagian lapisan permukaan dan drainase, sehingga memerlukan penanganan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka tujuan studi ini adalah mengetahui tingkat kerusakan jalan serta mencari rekomendasi yang sesuai. Penelitian ini meliputi survei visual untuk mengetahui kondisi permukaan jalan. Data dianalisis menggunakan aplikasi Provincial and Kabupaten Road Management System (PKRMS), untuk mengetahui kerusakan berdasarkan jenis, tingkat kerusakan dan faktor penyebabnya. Hasil analisis menunjukan kondisi Ruas Jalan Talabiu-Simpasai, dalam kondisi baik 92,73%, rusak sedang 4,85%, dan 2,42% rusak berat. Direkomendasikan dilakukan pemeliharaan rutin dan pekerjaan tertunda serta pekerjaan minor. Pada segmen yang kondisi baik dan sedang dengan perbaikan lapisan permukaan, seperti tambalan lobang. Pelapisan ulang, perbaikan bahu jalan dan drainase dilakukan pada segmen yang mengalami rusak berat.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Faktor Penyebab, Kerusakan Jalan, Kondisi Permukaan & Rekomendasi Penanganan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Dr. Ir. I Dewa Made Alit Karyawan, MT.
Date Deposited: 03 Jun 2023 07:19
Last Modified: 03 Jun 2023 07:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39081

Actions (login required)

View Item View Item