Analisis Kelandaian Melintang sebagai Elemen Geometrik pada Beberapa Tikungan Ruas Jalan Mataram-Lembar

Karyawan, I Dewa Made Alit (2017) Analisis Kelandaian Melintang sebagai Elemen Geometrik pada Beberapa Tikungan Ruas Jalan Mataram-Lembar. ANALISIS KELANDAIAN MELINTANG SEBAGAI ELEMEN GEOMETRIK PADA BEBERAPA TIKUNGAN RUAS JALAN MATARAM-LEMBAR, 2 (1). pp. 12-21. ISSN ISSN 1858-4896

[img]
Preview
Text
Spektrum Sipil_Analisis Kelandaian Melintang sebagai Elemen Geometrik pada Beberapa Tikungan Ruas Jalan Mataram-Lembar.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: https://spektrum.unram.ac.id/index.php/Spektrum/ar...

Abstract

RuasjalanMataram-Lembar, merupakan jalur lalu lintas denganvolumeyang cukuptinggi.Padatahun-tahunmendatang volumelalulintasyang akanmelewatiruasjalan iniakansemakinmeningkat,mengingatruasjalaninimenghubungkan/melayanidua obyek vitalyaituPelabuhanLembardanBandaraInternasionalLombok.Padabeberapa tikungan sering terjadikecelakaanakibatkurangnyakelandaianmelintangyang dapatmengakibatkan tergesernyaposisi kendaraan menuju pinggirlajurjalan akibatgayasentrifugal.Melihat kondisi tersebutperlu dilakukan penelitian dengantujuan:1)Mengetahui kelandaian melintang pada area tikungan berdasarkan diagram superelevasi yang direncanakan dengan kecepatan rencana dan kecepatan riil lapangan pada ruas jalan Mataram-Lembar,2)Mengetahuikelandaianmelintang jalanberdasarkanhasilpengukuran topografitikunganpada ruasjalanMataram-Lembar,dan3)Mengevaluasikesesuaianantara kelandaianmelintang rencanadengankemiringanmelintang jalanberdasarkanhasil pengukuran.Penelitiandilakukandenganmetodeeksperimen.Eksperimenyang dimaksudadalah melakukanujiterhadapkondisilapangandalamhalinikelandaianmelintangtersedia dengan kelandaianmelintangyang diperlukan.Hasildaripengujianiniakanberuparekomendasi apakahkelandaianmelintangyang tersediadilapangansudahcukupatauharusdiperbaiki dengan melakukan perbaikan terhadapelevasi permukaan jalan di tikungan.Hasil penelitian menunjukkan,kelandaian melintang existing sisi dalam pada Tikungan 1 sampai Tikungan 5 adalah:-5.63%, -5.86%, -7.11%, -3.09%, 0,03%, sedangkan sisiluaradalah:2,86%, -0.03%, 5.14%, 2.94%, 9.29%. Kebutuhan kelandaian berdasarkan hasil analisis kecepatan rencana,kelandaian melintang pada Tikungan 1 sampai Tikungan 5 adalah:8.3%, 9.6%, 8.4%, 7.0%, 9,6%. Sedangkan berdasarkan kecepatan riil, dibutuhkan:3.7%, 8.1%, 8.3%, 3.2%, 4.9%. Sehingga untuk perbaikan direkomendasikan hasil kelandaianmelintanganalisis, karena kelandaian dilapangan lebih kecil, sehingga jalan dapat memberikan pelayanan maksimum, khususnya terhadap kemampuan untuk mereduksi gaya sentrifugal

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Kelandaian melintang, Kebutuhan kelandaian, Ketersediaan kelandaian
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Dr. Ir. I Dewa Made Alit Karyawan, MT.
Date Deposited: 03 Jun 2023 07:08
Last Modified: 03 Jun 2023 07:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39123

Actions (login required)

View Item View Item