PERBANDINGAN LAMA PERENDAMAN CAMPURAN ASPAL (AC- WC) DENGAN MEMAKAI AIR HUJAN DAN AIR LAUT TERHADAPKARAKTERISTIK MARSHALL MENGGUNAKAN MATERIAL LOKAL PRINGGABAYA

Sukron, Muhammad and Sideman, Ida Ayu Oka Suwati (2023) PERBANDINGAN LAMA PERENDAMAN CAMPURAN ASPAL (AC- WC) DENGAN MEMAKAI AIR HUJAN DAN AIR LAUT TERHADAPKARAKTERISTIK MARSHALL MENGGUNAKAN MATERIAL LOKAL PRINGGABAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Artikel Aspal-hujan (1).pdf

Download (981kB) | Preview

Abstract

Kerusakan pada kontruksi perkerasan jalan yang paling dominan adalah disebabkan oleh adanya genangan air yang berasal dari air hujan, air laut, sistem drainase yang kurang baik dan naiknya air akibat kapilaritas. Air hujan yang merendam ruas jalan dapat menyebabkan perkerasan jalan terutama daya ikat aspal berkurang. Perkerasan jalan yang terendam oleh air hujan dan air rob secara terus-menerus akan menyebabkan terjadinya perubahan bentuk atau deformasi pada perkerasan jalan. Akibatnya, pada saat dilewati beban lalu lintas di atas permukaan jalan tersebut akan menyebabkan deformasi yang semakin parah. Di samping itu air rob yang berasal dari laut yang memiliki kandungan tingkat keasaman, kadar sulfat (SO 2 ), dan tingkat alkalinit tinggi yang bisa melemahkan kemampuan lekatan aspal dalam mempertahankan ikatan antar agregat baik kohesi maupun adhesi nya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang ditimbulkan akibat perendaman aspal memakai air laut dan air hujan terhadap nilai struktural pada campuran AC-WC serta bagaimana perbandingan yang terjadi pada aspal akibat lama perendaman dengan memakai air laut dan air hujan terhadap karakteristik Marshall. Aspal yang digunakan pada penelitian ini adalah aspal penerasi 60/70 dan jumlah sampel yangdibuatsebanyak30 sampel,15 untukmasing-masingjenis zatcair digunakan sebagaiperendamyaitu air laut dan air hujan.Variasi waktu perendaman yang digunakan pada penelitian ini adalah 1 Jam, 6 Jam, 12 Jam, 24 Jam dan 48Jamdengan suhurendaman yaitu60ºC. Dari hasil pengujian dengan variasi kadar aspal 4,5%, 5,0%, 5,5%, 6,0%, dan 6,5% Kemudian dibuat campuran untuk mencari Kadar Aspal Optimum sebanyak 15 sampel, 3 sampel untuk masing masing kadar aspal. Dari hasil penelitian didapat KAO sebesar 5,92% dengan karakteristik volumetrik campuran yaitu, nilai rerata VMA 14.964%; VIM 4.62% dan VFB 68.90%. Sedangkan untuk karakteristik mekanik campuran yaitu, nilai rerata Stabilitas 1888.35 kg; Flow 3.42 mm; dan MQ 558.71 kg/mm

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Agregat, Campuran AC-WC, Kadar Aspal Optimum, Karakteristik Marshall.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Ir Ida Ayu Oka Suwati Sideman
Date Deposited: 03 Jun 2023 07:07
Last Modified: 03 Jun 2023 07:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39125

Actions (login required)

View Item View Item