PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI DI LAHAN KERING YANG DITUMPANGSARIKAN DENGAN TANAMAN KACANG-KACANGAN PADA WAKTU TANAM YANG BERBEDA

ULFA KARISKA, SARI (2023) PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI DI LAHAN KERING YANG DITUMPANGSARIKAN DENGAN TANAMAN KACANG-KACANGAN PADA WAKTU TANAM YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ULFA KARISKA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah Ulfa Kariska Sari.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah (Capsicum annum L.) di lahan kering pada perlakuan tumpangsari dengan tanaman kacang-kacangan dengan waktu tanam berbeda. Percobaan lapang telah dilaksanakan mulai bulan Mei sampai September 2022 di Dusun Amor-Amor, Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Ada enam perlakuan tumpangsari dan tiga perlakuan monokultur yang diuji. Perlakuan tersebut adalah: tumpangsari cabai dengan kacang tanah atau dengan kacang hijau yang ditanam atau disisip bersamaan, ditanam satu minggu setelah tanam (MST) cabai dan 3 MST cabai. Tanaman monokultur adalah cabai, kacang tanah dan kacang hijau. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok dengan tiga ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan tumpangsari tanaman cabai dengan tanaman kacang hijau dan kacang tanah pada berbagai waktu tanam berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai. Hasil tanaman cabai meningkat dengan adanya tanaman kacang tanah yang ditanam bersamaan dan dengan tanaman kacang hijau yang ditanam tiga minggu setelah tanaman cabai. Sementara itu, terjadi penurunan hasil tanaman kacang tanah dan kacang hijau sebagai akibat adanya perlakuan tumpangsari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tumpangsari, Fasilitasi, kacang hijau, kacang tanah, kompetisi, lahan kering, waktu tanam
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:11
Last Modified: 05 Jun 2023 03:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39153

Actions (login required)

View Item View Item