POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK YANG KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE FREE FIRE DI DESA TANAK BEAK KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

WILI, GUSNANDA (2023) POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK YANG KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE FREE FIRE DI DESA TANAK BEAK KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Wili Gusnanda (E1S018094).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Jurnal Wili Gusnanda.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (419kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pola asuh orangtua terhadap anak kecanduan bermain game online Free Fire dan (2) mengetahui dampak anak kecanduan bermain game online Free Fire . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data dalam penelitian ini adalah subjek dan informan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)terdapat 2 pola asuh orangtua pada anak kecanduan bermain game online Free Fire ; yaitu: a) Pola Asuh Permisif ditandai dengan memberikan kebebasan sepenuhnya kepada anak untuk bermain game dan menggunakan handphone serta kegiatan anak didominasi dengan bermain game setiap hari, dan b) pola asuh demokratis ditandai orangtua memberikan kebebasan namun tetap mengontrol anak dan membatasi waktu bermain anak. Terdapat dua jenis dampak dari anak kecanduan bermain game online Free Fire antara lain : a) dampak positif tolerance yang ditandai dengan meningkatkan kemampuan membaca,mengenal dan bisa mengucapkan istilah-istilah dalam bahasa Inggris di dalam permainan,bisa bekerjasama, dan b) dampak negatif 1).saliance yang ditandai dengan perilaku mengutamakan bermain game online daripada kegiatan lainnya, 2).tolerance yang ditandai dengan perilaku menghasbikan waktunya hanya untuk bermain game online, .conflict yang ditandai dengan perilaku bertengkar dengan orang tua karena tidak diberikan sejumlah uang untung membeli voucher di game online dan perilaku tidak mau disuruh oleh orang tua, 4).problems yang ditandai dengan perilaku mudah emosi,mudah marah,berkata kasar,dan keadaan fisik memburuk karena bermain game online .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola Asuh, Kecanduan Game online,Dampak Game Online
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:05
Last Modified: 05 Jun 2023 03:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39158

Actions (login required)

View Item View Item