ANALISIS PERANAN WORLD TRADE ORGANIZATION (WTO) DALAM SENGKETA GUGATAN UNI EROPA TERHADAP INDONESIA ATAS KEBIJAKAN PENGHENTIAN EKSPOR NIKEL KE EROPA

UMAYA, SARI (2023) ANALISIS PERANAN WORLD TRADE ORGANIZATION (WTO) DALAM SENGKETA GUGATAN UNI EROPA TERHADAP INDONESIA ATAS KEBIJAKAN PENGHENTIAN EKSPOR NIKEL KE EROPA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI UMAYAS FOR CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi Umaya Sari (L1A019113) FIKSS.pdf

Download (607kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai peranan World Trade Organization (WTO) sebagai organisasi perdagangan internasional dan efektivitas peran dari WTO dalam menangani permasalahan terkait sengketa gugatan Uni Eropa terhadap Indonesia atas Kebijakan penghentian ekspor nikel ke Eropa pada tahun 2020. Penelitian ini menggunakan teori Liberalisme Institusional untuk mengamati peranan WTO sebagai organisasi internasional yang membentuk rezim internasional untuk mengawasi, mencegah dan mengatasi permasalahan mengenai sengketa dagang yang melibatkan Indonesia dan Uni Eropa. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan konsep perdagangan internasional untuk mengamati kebijakan nikel Indonesia yang telah melanggar Pasal 11 ayat 1 GATT 1994. Hasil dari penelitian ini adalah peranan WTO sebagai organisasi internasional mempunyai otoritas atau kekuasaan dalam mengatur perdagangan internasional dengan berlandaskan pada Pasal 11 ayat 1 GATT 1994 tentang pembatasan ekspor yang dilakukan oleh Indonesia terhadap Uni Eropa atas kebijakan penghentian ekspor nikel di tahun 2020. WTO bertanggung jawab dalam mengawassi, mencegah, dan mengatasi permasalahan yang terjadi di antara negara anggotanya. Dalam hal ini WTO menggunakan prosedur atau mekanisme yang dikenal dengan Dispute Settlement Mechanism (DSM) untuk membantu menyelesaikan sengketa dagang yang terjadi. Dengan demikian, WTO harus bersikap objektif, fairness dan tidak mendiskriminasi negara anggotanya dalam mengambil keputusan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): WTO, Organisasi Internasional, Sengketa Gugatan, Uni Eropa, Indonesia.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:05
Last Modified: 05 Jun 2023 03:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39159

Actions (login required)

View Item View Item