STRATEGI BERTAHAN HIDUP MASYARAKAT PESISIR (Studi Kasus Nelayan Budidaya Lobster Di Desa Ekas Buana Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur)

Lalu Arjuna, Bungantaka (2023) STRATEGI BERTAHAN HIDUP MASYARAKAT PESISIR (Studi Kasus Nelayan Budidaya Lobster Di Desa Ekas Buana Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LALU ARJUNA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_STRATEGI BERTAHAN HIDUP MASYARAKAT PESISIR_LALU ARJUNA B.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Strategi Bertahan Hidup Masyarakat Pesisir (Studi Kasus Nelayan Budidaya Lobster Di Desa Ekas Buana Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur). Nelayan merupakan kelompok masyarakat yang mata pencahariannya secara langsung bergantung pada hasil laut, baik yang ditangkap maupun yang dibudidaya. Kelompok sosial ekonomi nelayan adalah kelompok masyarakat yang relatif tertinggal secara sosial ekonomi dan ditandai oleh aadanya beberapa ciri seperti kemiskinan, keterbelakangan sosial budaya, rendahnya sumber daya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kehidupan sosial ekonomi dan strategi bertahan hidup nelayan budidaya lobster. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Tindakan Sosial Max Waber dan Teori Pilihan Rasional James Coleman. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah kehidupan sosial ekonomi meliputi solidaritas sosial masih tergolong solidaritas mekanik, pendidikan para nelayan masih tergolong relatif rendah, kesehatan masih tergolong cukup baik dan hanya mengalami penyakit-penyakit ringan, pendapat bersumber dari hasil tangkap dan hasil budidaya, aset yang dimiliki seperti rumah milik sendiri, pengeluaran sebagian besar untuk biaya oprasional keramba dan pengeluaran untuk kebutuhan pokok maupun pengeluaran pendidikan anak sekolah. Ada tiga strategi yang dilakukan oleh nelayan budidaya lobster untuk bertahan hidup yakni strategi aktif, strategi pasif, dan strategi jaringan. Strategi aktif yang dilakukan yakni memperpanjang jam kerja, menambah hasil tangkapan, mencari pekerjaan sampingan, dan mengikutsertakan anggota keluarga untuk bekerja. Strategi pasif yang dilakukan yakni mengurangi pembelian pakanlobster, mengurangi pola konsumsi seperti mengurangi pembelian makanan ringan atau mengurangi pembelian bahan makanan, mengurangi uang belanja anak sekolah, dan menyisihkan sebagian uang untuk ditabung. Strategi jaringan yang dilakukan yakni meminjam uang atau beras ke sanak saudara, meminjam uang ke bank, dan memanfaatkan bantuan pemerintah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nelayan, Strategi Bertahan Hidup, Sosial Ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:03
Last Modified: 05 Jun 2023 03:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39163

Actions (login required)

View Item View Item