DAMPAK SERTIFIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII BILINGUAL DI SMPN 4 MATARAM

ROHANA, SITI (2013) DAMPAK SERTIFIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII BILINGUAL DI SMPN 4 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 12345.docx

Download (87kB)

Abstract

Skripsi berjudul “Dampak Sertifikasi Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII Bilingual di SMPN 4 Mataram ”, dilatarbelakangi karena adanya Undang-Undang Pendidikan No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yaitu pasal 8, di mana diuraikan sebagai berikut,”Sertifikat pendidikan diberikan kepada guru yang telah memenuhi persyaratan” dan mengacu pada Undang-Undang Pendidikan No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Adapun rumusan masalah yaitu : (1) Bagaimanakah dampak sertifikasi guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 4Mataram? (2) Bagaimana Kualitas pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan dampak sertifikasi guru Bahasa Indonesia. (2) Untuk mendeskripsikan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII Billingual di SMPN 4 Mataram. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan metode pemgumpulan data menggunakan wawancara dan Dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan Reduksi Data dan Metode Penyajian Data. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak sertifikasi guru Bahasa Indonesia sangat membantu meningkatan profesionalisme dalam meningkatkan mutu pendidikan hal ini dilihat dari antusiasme dan keatifan siswa selama proses pembelajaran berlansung dan kualitas pembelajaran atau proses belajar mengajar sangat membantu siswa dalam memahami dan cepat mengerti pada saat menerima materi pembelajaran yang disampaika, hal ini dilihat dari beberapa indikator yaitu:(1) Penguasaan Materi terhadap Materi Pelajaran. (2) Ketuntasan dalam Belajar Meningkat. (3) Daya Serap Siswa Meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Dampak Sertifikasi Guru, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 May 2018 02:52
Last Modified: 19 May 2018 02:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3919

Actions (login required)

View Item View Item