PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN ALAT LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN ELASTISITAS

BAIQ DARA, SILVIANA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN ALAT LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN ELASTISITAS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Baiq Dara Silviana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
JOURNAL Baiq Dara Silviana.pdf

Download (803kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan alat laboratorium terhadap hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan elastisitas. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperiment dengan desain penelitian berupa Pretest-Posttest control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Gerung. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Cluster Random Sampling dan diperoleh kelas XI MIPA 2 dengan 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI MIPA 3 dengan 27 peserta didik sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing menggunakan alat laboratorium, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik adalah tes objektif berupa pilihan ganda sebanyak 25 soal. Instrumen tes hasil belajar yang digunakan sudah dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda. Teknik analisis data dilakukan dengan uji-t polled varians. Hasil uji-t berdasarkan data nilai pre-test dan pos-test adalah thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% dikategorikan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan alat laboratorium terhadap hasil belajar peserta didik pada pokok bahsan elastisitas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Inkuiri Terbimbing, Alat Laboratorium, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:35
Last Modified: 05 Jun 2023 08:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39201

Actions (login required)

View Item View Item