ANALISIS PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS YANG DIKEMBANGKAN GURU-GURU SMP SE- KOTA MATARAM

Ningrum, Oktaviani (2023) ANALISIS PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS YANG DIKEMBANGKAN GURU-GURU SMP SE- KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NINGRUM OKTAVIANI E1C016060.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ARTIKEL NINGRUM OKTAVIANI E1C016060.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (490kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan Profil/Disain RPP K-13 yang dikembangkan Guru-Guru SMP Se-Kota Mataram. (2) mendeskripsikan Model RPP K-13 Berbasis Teks. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber penelitian ini adalah RPP Yang dikembangkan Oleh Guru di Empat Sekolah, yaitu SMPN 2 Mataram, SMPN 8 Mataram, SMP Muhammadiyah Mataram, dan SMP Salafiyah Darul Falah. Data dalam penelitian adalah RPP K-13 Kelas VIII. Analisis dokumen dilakukan dengan mempelajari dokumen-dokumen yang telah dikumpulkan. Dokumen yang dikumpulkan adalah dokumen RPP k-13 yaitu jenis RPP berbasis teks sastra, teks Faktual, dan tanggapan. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada tiga tahapan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu Reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan (1) bahwa ada delapan aspek yang dijadikan sebagai intrumen analisis data, dari delapan instrument komponen yang dikembangkan oleh empat RPP guru dapat dijadikan sebagai model tuntutan dalam pengembangan K-13 berbasis teks dengan beberapa perbaikan kekurangan pada setiap komponen. (2) model disain RPP berbasis teks dikembangkan melalui tiga tahapan yaitu tahapan pemodelan, tahapan mengembangkan teks secara berkelompok, dan mengembangkan teks secara mandiri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): RPP, K-13, berbasis teks
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Jun 2023 00:07
Last Modified: 06 Jun 2023 00:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39205

Actions (login required)

View Item View Item