ANALISIS KIMIA KULIT KAYU ASAM (T.indica) DAN DURI POHON BIDARA (Ziziphus mauritiana) BAHAN MINYAK SONGAK OBAT TRADISIONAL LOMBOK

ARDHEA RAGITA, PRAMESTI (2023) ANALISIS KIMIA KULIT KAYU ASAM (T.indica) DAN DURI POHON BIDARA (Ziziphus mauritiana) BAHAN MINYAK SONGAK OBAT TRADISIONAL LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ARDHEA RAGITA PRAMESTI_KIMIA MIPA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ARTIKEL_ARDHEA RAGITA PRAMESTI_KIMIA MIPA.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (677kB)
[img] Text
ARTIKEL_ARDHEA RAGITA PRAMESTI_KIMIA MIPA.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (677kB)

Abstract

Minyak Songak merupakan obat tradisional daerah Lombok yang dapat menyembuhkan luka sayatan/sobek pada kulit. Minyak ini banyak digunakan oleh masyarakat desa Songak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metabolit sekunder dan senyawa aktif pada sampel yang digunakan. Sampel yang digunakan adalah kulit kayu asam dan duri pohon bidara. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah maserasi, evaporasi, ekstraksi cair-cair dan terakhir adalah analisis menggunakan GC-MS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kulit kayu asam positif mengandung metabolit sekunder golongan steroid/terpenoid dan tanin, dan pada duri pohon bidara positif megandung golongan alkaloid, steroid/terpenoid, tanin/polifenol dan flavonoid. Jenis senyawa yang teridentifikasi menggunakan GC-MS dan yang berpengaruh pada minyak songak sebagai obat tradisional adalah n-hexadecanoic acid; 4-((1E)-3-hydroxy-1- propenyl)-2methoxyphenol; lupenone; 1-nonadecene; esculetin. Berdasarkan kandungan kimia bahan baku kulit kayu asam dan duri pohon bidara, minyak songak obat tradisional berpotensi sebagai antibakteri, antioksidan, anti mikroba, anti inflamasi, anti fungi, anti diabetes.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Minyak Songak, metabolit sekunder, GC-MS
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:22
Last Modified: 06 Jun 2023 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39235

Actions (login required)

View Item View Item