PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATON, AUDITORY, KINESTETIC BERBANTUAN EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI

MIS, LAN (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATON, AUDITORY, KINESTETIC BERBANTUAN EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi mislan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Mislan.pdf

Download (785kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara signifikan pengaruh model pembelajaran VAK berbantuan Edmodo terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 6 MATARAM. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka pendekatan yang akan digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan tipe quasi eksperimental design. selanjutnya Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 6 MATARAM yang berjumlah 165 siswa yang terdiri dari 5 kelas dan sampel penelitian yaitu siswa siswa yang terdapat pada kelas eksperimen dan kontrol yang ditentukan melalui proses penyepadanan kelas dan random sampling. Setelah ditentukan populasi dan sampel kemudian Menyusun rangkaian rancangan penelitian yang diawali dengan menentukan kelas sepadan sampai dengan pengambilan data (Teknik pengambilan data) dengan memberikan presttest dan posstest pada kelas eksperimen dan kontrol. Setelah melakukan Teknik pengambilan data selanjutnya dilakukan analisis data untuk melihat ada pengaruh signifikan model pembelajaran VAK berbantuan Edmodo terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMAN 6 MATARAM yang ditunjukan dengan hasil uji t yang menggambarkan perubahan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran VAK berbantuan Edmodo yaitu dari 61,49 menjadi 90,4.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran VAK; Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:22
Last Modified: 06 Jun 2023 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39239

Actions (login required)

View Item View Item