MIS, LAN (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATON, AUDITORY, KINESTETIC BERBANTUAN EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
skripsi mislan.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
||
|
Text
Jurnal Mislan.pdf Download (785kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara signifikan pengaruh model pembelajaran VAK berbantuan Edmodo terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 6 MATARAM. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka pendekatan yang akan digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan tipe quasi eksperimental design. selanjutnya Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 6 MATARAM yang berjumlah 165 siswa yang terdiri dari 5 kelas dan sampel penelitian yaitu siswa siswa yang terdapat pada kelas eksperimen dan kontrol yang ditentukan melalui proses penyepadanan kelas dan random sampling. Setelah ditentukan populasi dan sampel kemudian Menyusun rangkaian rancangan penelitian yang diawali dengan menentukan kelas sepadan sampai dengan pengambilan data (Teknik pengambilan data) dengan memberikan presttest dan posstest pada kelas eksperimen dan kontrol. Setelah melakukan Teknik pengambilan data selanjutnya dilakukan analisis data untuk melihat ada pengaruh signifikan model pembelajaran VAK berbantuan Edmodo terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMAN 6 MATARAM yang ditunjukan dengan hasil uji t yang menggambarkan perubahan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran VAK berbantuan Edmodo yaitu dari 61,49 menjadi 90,4.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model Pembelajaran VAK; Berpikir Kritis. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 03:22 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 03:22 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39239 |
Actions (login required)
View Item |