ANALISA PERBANDINGAN NILAI DERAJAT KEJENUHAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE GREENSHIELD, GREENBERG, DAN UNDERWOOD TERHADAP MKJI 1997 PADA RUAS JALAN SALEH SUNGKAR AMPENAN KOTA MATARAM

Maulana, Adam (2023) ANALISA PERBANDINGAN NILAI DERAJAT KEJENUHAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE GREENSHIELD, GREENBERG, DAN UNDERWOOD TERHADAP MKJI 1997 PADA RUAS JALAN SALEH SUNGKAR AMPENAN KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kota Mataram adalah salah satu kota di provinsi Nusa Tenggara Barat. Pada tahun 2020 jumlah penduduk kota mataram sebanyak 495,681 jiwa. ,pertumbuhan penduduk yang cepat dan perubahan demografis di kota mataram dapat berdampak pada peningkatan volume lalu lintas. Jika jumlah penduduk meingkat tanpa di imbangi dengan perluasan dan perbaikan infrastruktur jalan yang memadai, dapat terjadi peningkatan derajat kejenuhan di jalan-jalan utama. Di kota Mataram terdapat ruas jalan Saleh Sungkar yang merupakan salah satu jalan nasional dengan panjang 1.91 km dari ruas jalan ini dilakukan penelitian selama 3 hari yaitu hari Senin, Sabtu dan Minggu dari jam 06.00 – 18.00 WITA dengan interval 15 menit , yang bertujuan mengetahui membandingkan nilai derajat kejenuhan jalan tersebut dengan menggunakan model Greenshield, Greenberg dan Underwood terhadap dengan MKJI 1997. Dari hasil analisis di dapatkan Nilai derajat kejenuhan dengan menggunakan manual kapasitas jalan (MKJI 1997) sebesar 0,53 dengan tingkat pelayanan jalan “C”. Nilai derajat kejenuhan yang mendekati MKJI 1997 yaitu model Greenshield sebesar 0,55 dengan tingkat pelayanan “C”

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Derajat Kejenuhan, Greenshield, Greenberg, Underwood
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Jun 2023 08:31
Last Modified: 06 Jun 2023 08:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39257

Actions (login required)

View Item View Item