PENGARUH APLIKASI PUPUK KOMPOS DAN BIOCHAR TERHADAP POPULASI BAKTERI DI RIZOSFER DAN PERTUMBUHAN TANAMAN PADI GOGO (Oryza sativa L.)

Mifatun, Rahmawati (2023) PENGARUH APLIKASI PUPUK KOMPOS DAN BIOCHAR TERHADAP POPULASI BAKTERI DI RIZOSFER DAN PERTUMBUHAN TANAMAN PADI GOGO (Oryza sativa L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MIFATUN RAHMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh aplikasi pupuk kompos dan biochar terhadap populasi bakteri di rizosfer dan pertumbuhan tanaman padi gogo (Oryza sativa L.) Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November- Januari 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekperimental dengan melakukan percobaan di rumah kaca Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Sedangkan untuk analisis sifat kimia dan biologi di lakukan di Laboratorium Kimia dan Kesuburan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanah yang digunakan sebelum tanam ialah relatif kurang subur (secara kimia). Tanah yang digunakan dalam penelitian ini memiliki nilai pH 5,0 dan P-tersedia memiliki 0,95 ppm, N total dengan nilai 0,19%, K-tertukar 0,22 meq/100g. Selain itu, kadar bahan organik yang dicerminkan oleh nilai Corganik hanya bernilai 1,2 % yang tergolong dalam kategori rendah. Dan nilai kapasitas tukar kation berada pada kategori sedang (17,43 meq/100 g tanah). pemberian dosis pupuk urea dan phonska yang dikombinasikan dengan pemberian pupuk kompos dan biochar memberikan pengaruh terhadap variabel tinggi tanaman, jumlah anakan dan lebar daun dimana perlakuan P1 memberikan nilai yang signifikan dibandingkan perlakuan P0 dan P2. Pada parameter bobot akar dan bobot batang perlakuan P1 lebih signifikan dibandingkan perlakuan P0 dan P2. Pada variabel total mikroorganisme dengan jumlah koloni bakteri memiliki signifikan pada perlakuan P1 dengan nilai rata-rata yaitu 7,14, pada parameter jamur pelarut fosfat P1 memiliki nilai yang signifikan dengan nilai rata-rata 3,17, pada parameter bakteri pelarut fosfat P1 memiliki nilai yang signifikan dengan nilai rata-rata 3,61 sedangkan pada parameter respirasi mikroorganisme p1 memiliki nilai yang signifikan dengann nilai rata-rata 4,36 mg C-CO2 / g tanah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : biochar dan kompos; pertumbuhan tanaman padi; total mikroorganisme; respirasi mikroorganisme
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Jun 2023 09:15
Last Modified: 06 Jun 2023 09:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39262

Actions (login required)

View Item View Item