Aktivitas Media Relations Dinas Pariwisata Lombok Barat (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Relasi Media Humas Dinas Pariwisata Lombok Barat dalam Menjalin Hubungan dengan Jurnalis Lokal)

Arief Husnanda, Triadi (2023) Aktivitas Media Relations Dinas Pariwisata Lombok Barat (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Relasi Media Humas Dinas Pariwisata Lombok Barat dalam Menjalin Hubungan dengan Jurnalis Lokal). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_AriefHusnandaTriadi_L1B019011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
jurnal_AriefHusnandaTriadi_L1B019011.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Di era yang serba digital ini, semua lini kehidupan membutuhkan pemberitaan dan informasi tanpa terkecuali pemerintah, dalam konteks ini Dinas Pariwisata Lombok Barat. Untuk mendapatkan citra positif dan pemberitaan, Dinas Pariwisata Lombok Barat memberikan perhatian khusus kepada bagaimana menyampaikan informasi kepada publik secara luas melalui media massa. Penyebaran informasi melalui media massa memerlukan hubungan atau relasi yang kuat antara pihak Dinas Pariwisata Lombok Barat dan jurnalis. Adanya proses interaksi dan publikasi yang dilakukan disebut juga aktivitas media relations. Penelitian ini mencoba untuk mengungkap bagaimana strategi Dinas Pariwisata Lombok Barat menjalin hubungan dengan jurnalis lokal. Adapun hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa strategi Dinas Pariwisata Lombok Barat dalam menjalin hubungan dengan jurnalis lokal adalah dengan menerapkan model media relations yakni press agentry, public information, dan twoway symmetric. Setelah hubungan yang kuat dengan jurnalis terbentuk, Dinas Pariwisata Lombok Barat kemudian melibatkan jurnalis lokal dalam serangkaian aktivitas media relations sehingga mendapatkan pemberitaan yang optimal. Adapun aktivitas media relations yang sudah dilakukan Dinas Pariwisata Lombok Barat dalam rangka mengoptimalkan publikasi adalah konferensi pers, press release, press reception, dan event invitation.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media relations, Relasi, Publikasi, Strategi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:04
Last Modified: 07 Jun 2023 03:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39300

Actions (login required)

View Item View Item