PENGEMBANGAN BIBIT PORANG DARI BEBERAPA SUMBER DENGAN BERBAGAI MEDIA TUMBUH MELALUI TEKNIK POTTING MIX PADA TANAH ENTISOL

UNSPECIFIED (2023) PENGEMBANGAN BIBIT PORANG DARI BEBERAPA SUMBER DENGAN BERBAGAI MEDIA TUMBUH MELALUI TEKNIK POTTING MIX PADA TANAH ENTISOL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI risma ardianti c1b016045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[img]
Preview
Text
jurnal risma ardianti c1b016045.pdf

Download (610kB) | Preview

Abstract

Tanaman porang (Amorphophallus muelleri blume) adalah tumbuhan herba yang banyak ditemukan tumbuh liar dikawasan tegakan hutan, dibawah rumpun bambu, di tepi sungai, di lereng gunung, sela-sela tanaman yang rimbun dan lembab. Pembibitan porang dari umbi dan katak memerlukan waktu yang cukup lama 7-9 bulan. Oleh karena itu perlu pengembangan bibit porang dengan cara pembibitan vegetatife yang mudah, dan bisa diterapkan ditingkat petani. Penelitian ini menggunakan tanah Entisol yang berasal dari Desa Andalan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimental. Perlakuan ini ditata menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dari 4 sumber benih (katak/ bulbil porang, umbi belah porang, daun porang, dan batang porang) dengan 3 perlakuan yaitu tanpa perlakuan, biochar, pupuk organik cair, PGPR, dan ZPT trubus. Hasil analisis sidik ragam menunjukkan bahwa pemberian berbagai media tumbuh (biochar, pupuk organik cair, dan PGPR) berpengaruh terhadap perubahan sifat tanah dan pertumbuhan bibit tanaman porang. Pertumbuhan bibit tanaman porang berpengaruh pada percobaan teknik umbi belah dan katak/ bulbil. Dari hasil uji lanjut yang telah dilakukan teknik katak/ bulbil pada parameter tinggi tanaman dan diameter batang berpengaruh terhadap pemberian bahan organik yang di tambahkan dibandingkan dengan tanpa pemberian bahan organik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bibit Porang; Media Tumbuh
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:04
Last Modified: 07 Jun 2023 03:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39307

Actions (login required)

View Item View Item