PEMBUATAN OUTLET LISTRIK CERDAS DENGAN SMART METER UNTUK MONITORING DAYA LISTRIK DARI PERANGKAT KOMPUTASI DI LABORATORIUM PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS MATARAM

Maidatun, Izzati (2023) PEMBUATAN OUTLET LISTRIK CERDAS DENGAN SMART METER UNTUK MONITORING DAYA LISTRIK DARI PERANGKAT KOMPUTASI DI LABORATORIUM PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN TA 2_MAIDATUN IZZATI_F1D018034.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_MAIDATUN IZZATI_F1D018034-1.pdf

Download (520kB) | Preview

Abstract

Aktifnya kegiatan perkuliahan di Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram 100% telah kembali pada perkuliahan luring sehingga membuat aktivitas penggunaan fasilitas di Laboratorium seperti penggunaan perangkat kembali aktif dan normal sehingga akan mengalami peningkatan penggunaan daya listrik. Berdasarkan data yang didapatkan dari Pusat Perancangan Undang-Undang, Badan Keahlian, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Tahun 2018 mengenai situasi kebutuhan energi di Indonesia dari tahun 2000 sampai dengan 2030 akan mengalami pemasokan energi fosil yang semakin menurun dan mengalami peningkatan terhadap penggunaannya. Energi fosil merupakan bahan bakar listrik dan sumber daya alam yang tidak terbarukan. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu diterapkan energi terbarukan seperti energi surya sebagai alokasi sumber listrik yang bisa diterapkan melalui penggunaan solar panel, namun harga solar panel tidak sedikit. Sehingga perlu diajukan penganggaran kepada pihak terkait. Penerapan tersebut bisa direalisasikan jika terdapat data konsumsi daya di Laboratorium. Oleh karena itu, dilakukan riset mengenai pemantauan penggunaan daya listrik di Laboratorium Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram yang diterapkan pada penelitian dengan judul Pembuatan Outlet Listrik Cerdas dengan Smart Meter untuk Monitoring Daya Listrik dari Perangkat Komputasi di Laboratorium Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram. Penelitian ini menggunakan sensor PZEM-004T, dengan protokol komunikasi data MQTT dan website sebagai antarmuka sistem. Penelitian terbagi menjadi 3 tahap pengujian yaitu pengujian black box, pengujian kelayakan fungsi sistem, dan pengujian kelayakan fungsi fitur. Berdasarkan pengujian diketahui bahwa sistem dapat mengambil data penggunaan daya listrik dengan baik dan menerapkan konsep cerdas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Laboratorium PSTI, Listrik, Energi Fosil Menurun, Monitoring, Data
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:04
Last Modified: 07 Jun 2023 03:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39310

Actions (login required)

View Item View Item