KEMAMPUAN LITERASI BACA-TULIS SISWA KELAS 3 DI SDN 30 AMPENAN

ZIKRIKA, NADYA (2023) KEMAMPUAN LITERASI BACA-TULIS SISWA KELAS 3 DI SDN 30 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ZIKRIKA NADYA (E1E018154).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ZIKRIKA NADYA (E1E018154).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Literasi baca tulis adalah kemampuan dan kecakapan dalam membaca, menulis, mencari, menemukan, memahami dan mengolah untuk menganalisis, menanggapi, mengembangkan potensi dan pemahaman, mengomunikasikan informasi, dan untuk berpartisipasi di lingkungan sosial dalam mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat kemampuan literasi baca tulis siswa kelas 3 di SDN 30 Ampenan (2) Mengetahui seberapa besarkah tingkat kemampuan literasi baca-tulis yang paling tinggi di kelas 3 SDN 30 Ampenan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek uji coba penelitian yakni peserta didik kelas 3 di SDN 30 Ampenan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didapatkan bahwa 64 siswa kelas 3 yang menjadi sampel penelitian sebanyak 21 orang siswa atau 32,8% siswa kemampuan literasi bacatulisnya berada dalam kategori tinggi, dan sebanyak 29 siswa atau 45,3% siswa berada dalam kategori sedang, serta sebanyak 14 siswa atau 21,9% siswa berada dalam kategori rendah. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas 3 berada dalam kategori sedang dengan persentase 45,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Level Kemampuan, Literasi, Literasi Baca-Tulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:25
Last Modified: 07 Jun 2023 03:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39313

Actions (login required)

View Item View Item