RETENSI PAKAN IKAN BAWAL BINTANG (Trachinotus blochii) PADA PEMBERIAN PAKAN KOMERSIAL DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK KUNYIT (Curcuma domestica)

Wiwi, Kartini (2023) RETENSI PAKAN IKAN BAWAL BINTANG (Trachinotus blochii) PADA PEMBERIAN PAKAN KOMERSIAL DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK KUNYIT (Curcuma domestica). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Wiwi Kartini (C1K018096) Format Terbaru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Wiwi Kartini (C1K018096) Artikel terbaru.pdf

Download (516kB) | Preview

Abstract

BawalBintang (Trachinotus blochii) merupakan ikan yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Mahalnya harga pakan komersil menjadi salah satu kendala yang paling sering dikeluhkan oleh para pembudidaya ikan. Oleh karena itu, perlu adanya strategi pemberian pakan yang efektif dalam upaya mengurangi biaya produksi. salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan penambahan ekstrak kunyit (Curcuma domestica). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh penambahan ekstrak kunyit (C. domestica) pada pakan komersial terhadap retensi pakan dan performa ikan bintang (T. blochii). Penelitian dilaksanakan selama 50 hari di Balai Perikanan Budidaya Laut Lombok, Sekotong NTB. Penelitian ini dilakukan secara eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang meliputi 4 taraf perlakuan dan 3 ulangan sehingga diperoleh total 12 unit percobaan. Perlakuan yang diujicobakan adalah penambahan ekstrak kunyit dengan konsentrasi yang berbeda dalam pakan, terdiri atas: P1: Kontrol (Tanpa penambahan ekstrak kunyit), P2: ekstrak kunyit 10 ml/kg pakan, P3: ekstrak kunyit 15 ml/kg pakan, P4: ekstrak kunyit 20 ml/kg pakan. Parameter yang diukur adalah randemen dan hasil uji fitokimia ekstrak kunyit, berat mutlak, panjang mutlak, laju pertumbuhan spesifik (SGR), efisiensi pakan, FCR (Food Convertion Ratio), kelangsungan hidup, retensi protein, retensi lemak dan kualitas air. Analisa data dilakukan dengan menggunakan analisis varian (ANNOVA) dengan SPSS pada taraf signifikan 5% untuk mengetahui pengaruh perlakuan dalam penelitian. Data yang menunjukkan pengaruh nyata dilakukan analisis lanjut dengan menggunakan uji Duncan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penambahan ekstrak kunyit pada pakan komersil dapat mempengaruhi berat mutlak, panjang mutlak, efisiensi pakan, laju pertumbuhan spesifik (SGR), rasio konversi pakan (FCR), kelangsungan hidup (SR) retensi protein dan retensi lemak pada ikan bawal bintang. Penambahan ekstrak kunyit 20 ml/kg pada pakan komersil ikan bawal bintang merupakan perlakuan terbaik karena dapat memberikan, berat mutlak 7,01 g, panjang mutlak 4,71 cm, laju pertumbuhan spesifik (SGR) 4,92%, rasio konversi pakan (FCR) 2,48, efisiensi pakan 40,39%, kelangsungan hidup 100%, retensi protein 18,64% dan retensi lemak 22,37%. Hal ini didukung oleh kandungan senyawa fenolik pada ekstrak kunyit berupa senyawa flavonoid, alkaloid, tanin, terpenoid, dan polifenol

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bawal Bintang, Kunyit, Retensi Protein, Retensi Lemak
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:35
Last Modified: 07 Jun 2023 03:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39317

Actions (login required)

View Item View Item