ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA MAMBEN LAUK KECAMATAN WANASABA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

MUH. RIZAL, AFWAN (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA MAMBEN LAUK KECAMATAN WANASABA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_MUH. RIZAL AFWAN_L1C019075.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_MUH. RIZAL AFWAN_L1C019075.pdf

Download (455kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kemiskinan di Indonesia yang merupakan masalah yang menjadi sorotan utama tentang usaha-usaha pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kemiskinan merupakan masalah utama yang ada di Indonesia saat ini, sehingga pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menurunkan angka kemiskinan tersebut. Upaya penurunan angka kemiskinan tersebut tidak terlepas dari dari salah satu program yang telah di lakukan oleh pemerintah yakni Program Keluarga Harapan (PKH) untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat, sehingga tujuan nasional dalam mengentaskan masalah kemiskinan dapat diatasi. Desa Mamben Lauk merupakan salah satu desa yang menjadi pelaksana kegiatan Program Keluarga Harapan tersebut, sehingga penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui apa saja faktor- faktor yang mempengaruhi keberhasilan Program Keluarga Harapan (PKH) yang ada di Desa Mamben Lauk, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur. 2) Untuk mengetahui kinerja Program Keluarga Harapan (PKH) yang ada di Desa Mamben Lauk, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analilis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua hasil analisis yakni pertama tidak terdapat pengaruh signifikan antara Variabel X (penerima PKH) dengan Variabel Y (Faktor-faktor keberhasilan PKH). Kedua Variabel X memiliki pengaruh signifikan terhadap sebagian indikator variabel Y yakni antara Variabel X dengan Indikator Sadar Kesehatan, variabel X dengan indikator Sadar Pendidikan, dan antara variabel X dengan indikator Meningkatnya Pendapatan. Penelitian ini juga menunjukkan kinerja PKH di Desa Mamben Lauk sudah berjalan dengan baik dimana dari hasil persentase respon penerima manfaat PKH mayoritas memiliki pandangan positif yakni diatas 85%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemiskinan, Program Keluarga Harapan, Faktor-faktor Keberhasilan PKH
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:13
Last Modified: 08 Jun 2023 07:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39407

Actions (login required)

View Item View Item