SINTESIS DAN KARAKTERISASI CANGKANG KAPSUL BERBASIS KARAGENAN YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN GRAFENA OKSIDA DAN MALTODEKSTRIN

MAHA, RANI (2023) SINTESIS DAN KARAKTERISASI CANGKANG KAPSUL BERBASIS KARAGENAN YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN GRAFENA OKSIDA DAN MALTODEKSTRIN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MAHARANI G1C017032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
MAHARANI-G1C017032-Jurnal-in.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

Cangkang kapsul berfungsi sebagai salah satu agen penghantar obat yang umum digunakan karena memiliki efektifitas dan bioavailibilitas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan rasio κ-karagenan, maltodekstrin (MD), dan grafena oksida (GO) sebagai material cangkang kapsul keras melalui karakterisasi fisik dan kimianya. Pembuatan cangkang kapsul κ-karagenan-MD/GO telah dilakukan melalui beberapa tahap. Tahap pertama, sintesis grafena oksida menggunakan metode Hummers. Kedua, pembuatan cangkang kapsul κ-karagenanMD/GO menggunakan metode pencelupan (Dipping method). Karakterisasi cangkang kapsul secara fisik meliputi keseragaman bobot, uji kuat tarik dan analisis morfologi SEM. Karakterisasi kimia cangkang kapsul meliputi kadar air dan kadar abu, kelarutan dalam air dan asam, uji derajat swelling yang dilakukan dalam berbagai medium pH mewakili kondisi tubuh, dan uji waktu release dalam larutan asam. Analisis interaksi gugus fungsi dari cangkang kapsul κ-karagenan-MD/GO menggunakan FTIR. Berdasarkan formula F0, F1, F2, F3, F4, F5, F6, dan F7 yang dibuat dilakukan karakterisasi. Penambahan rasio κ-karagenan, MD, dan GO memberikan pengaruh terhadap kelarutan, swelling dan waktu release cangkang kapsul. Berdasarkan evaluasi peningkatan MD dan GO menghasilkan film cangkang kapsul yang tebal, namun cenderung getas, sehingga persen elongasi menurun secara signifikan. Hasil karakteristik fisik yang telah memenuhi standar yakni F6. Karakteristik kimia yakni uji kelarutan dalam air dan asam serta uji waktu release belum memenuhi persyaratan. Hasil uji swelling F3 pada berbagai medium pH menampilkan persen pembengkakan yang baik, sampel F3 memiliki kestabilan yang baik dalam berbagai kondisi pH, dan untuk F6 memiliki derajat swelling tertinggi dan meningkat secara periodik dari pH asam hingga netral.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): cangkang kapsul, κ-karagenan, maltodekstrin (MD), grafena oksida (GO).
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:11
Last Modified: 08 Jun 2023 07:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39409

Actions (login required)

View Item View Item