ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023

Made Nindi Rafaely, Agustin (2023) ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_E1R019092_MADE NINDI RAFAELY AGUSTIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
E1R019092_ARTIKEL_MADE NINDI RAFAELY AGUSTIN.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Kemampuan spasial adalah kemampuan untuk menvisualisasikan gambar atau benda yang ada dalam pikiran dan mengubahnya dalam bentuk nyata, yang di dalamnya termasuk kemampuan mengenal bentuk dan benda secara tepat, serta melakukan perubahan suatu benda dalam pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan spasial siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 6 Mataram tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara triangulasi teknik (angket, soal tes, dan wawancara). Pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan mempertimbangkan keseimbangan jumlah ketiga gaya belajar dalam suatu kelas. Berdasarkan pertimbangan tersebut diperoleh kelas VIII B dengan jumlah 12 siswa visual, 9 siswa auditorial, dan 12 siswa kinestetik. Kemudian data hasil tes kemampuan spasial dianalisis menggunakan pedoman penskoran untuk setiap indikatornya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian dari kemampuan spasial pada ketiga gaya belajar berbeda-beda. Siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi keempat indikator kemampuan spasial yaitu pengimajinasian, pengonsepan, pemecahan masalah, dan menemukan pola. Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi satu indikator kemampuan spasial yaitu pengonsepan, kurang dalam indikator pengimajinasian dan pemecahan masalah, dan belum mampu memenuhi indikator menemukan pola. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi satu indikator kemampuan spasial yakni, pengimajinasian. Siswa dengan gaya belajar kinestetik kurang pada indikator menemukan pola, dan belum mampu memenuhi indikator pengonsepan serta pemecahan masalah. Akan tetapi terdapat siswa kinestetik yang mampu memenuhi tiga indikator kemampuan spasial yakni pengimajinasian, pengonsepan, pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Spasial, Gaya Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:11
Last Modified: 08 Jun 2023 07:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39411

Actions (login required)

View Item View Item