PERAN OPINION LEADER MASYARAKAT SASAK DESA MAMBEN DAYA LOMBOK TIMUR UNTUK RESILIENSI KOMUNITAS DALAM PENANGGULANGAN PANDEMI COVID-19

Nur’azi, zah (2023) PERAN OPINION LEADER MASYARAKAT SASAK DESA MAMBEN DAYA LOMBOK TIMUR UNTUK RESILIENSI KOMUNITAS DALAM PENANGGULANGAN PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Nur'azizahOK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI zize (1).pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai bagaimana peran opinion leader masyarakat Sasak desa Mamben Daya Lombok Timur untuk resiliensi komunitas dalam penanggulangan pandemi covid -19 dengan tujuan: (1) mengidentifikasi opinion leader masyarakat Sasak yang berperan untuk resiliensi komunitas dalam penanggulangan pandemi covid-19 di desa Mamben Daya Lombok Timur; (2) mengetahui bagaimana peran opinion leader masyarakat Sasak untuk resiliensi komunitas dalam penanggulangan pandemi covid-19 di desa Mamben Daya Lombok Timur. Untuk menganalisis permasalahan diatas peneliti menggunakan dua teori yaitu teori difusi inovasi Rogers dan teori pengurangan ketidakpastian yang dipelopori oleh Charles Berger dan Ricard Calabresse. Pada penelitian skripsi ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data yakni berupa wawancara tidak terstruktur, observasi partisipan serta dokumentasi. Sedangkan dalam teknik penetuan informan digunakan teknik purposive sampling dengan informan berjumlah lima orang yang masuk dalam kategori opinion leader(Kepala Desa, Aparatur Kesehatan dan Tiga Tuan Guru). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga opinion leader yang telah di identifikasi untuk upaya resiliensi komunitas dalam penanggulangan pandemi covid-19 diantaranya adalah kepala desa, aparatur kesehatan dan tuan guru. Upaya resiliensi komunitas dilakukan melalui realisasi tiga peran yaitu mengorganisasikan, mengelola risiko, dan membangun kapasitas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Opinion Leader, Masyarakat Sasak, Resiliensi Komunitas
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:13
Last Modified: 08 Jun 2023 07:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39418

Actions (login required)

View Item View Item