PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS VII SMPN 3 MOYO HILIR TAHUN AJARAN 2022/2023

PRATIWI ADSA, RAMDHANI (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS VII SMPN 3 MOYO HILIR TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PRATIWI ADSA RAMDHANI NIM (E1R118026).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
ARTIKEL PRATIWI ADSA RAMDHANI NIM (E1R118026).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (339kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika siswa kelas VII SMPN 3 Moyo Hilir menggunakan model problem based learning dan discovery learning. Jenis penelitian adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Moyo Hilir, dengan sampel yakni kelas VII.1 dan VII.2. Pengujian hipotesis dengan analisis covariansi yang menggabungkan analisis regresi dan analisis varian. Hasil N-Gain menunjukan peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan model problem based learning pada kategori sedang dan terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan model discovery learning pada kategori sedang. Hasil dari pengujian analisis covariansi data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan model problem based learning dan discovery learning. Model problem based learning memiliki karakteristik belajar dimulai dengan satu masalah yang berhubungan dengan dunia nyata. Karakteristik model discovery learning merupakan pembelajaran berbasis penemuan. Dari kedua karakteristik model pembelajaran, karakteristik model problem based learning cocok dalam menyelsaikan materi PLSV yang banyak menggunakan soal kontekstual

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Discovery learning, Hasil belajar, Problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:25
Last Modified: 08 Jun 2023 07:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39439

Actions (login required)

View Item View Item