KENAIKAN POPULARITAS PARTAI SAYAP KANAN DI JERMAN PASCA SEKURITISASI TERHADAP PENGUNGSI DALAM KRISIS PENGUNGSI EROPA TAHUN 2015-2017

Ana, Mardiana (2023) KENAIKAN POPULARITAS PARTAI SAYAP KANAN DI JERMAN PASCA SEKURITISASI TERHADAP PENGUNGSI DALAM KRISIS PENGUNGSI EROPA TAHUN 2015-2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ana Mardiana (L1A019012).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Jurnal Ana Mardiana (L1A019012).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang naiknya popularitas Partai Sayap Kanan di Jerman (Partai AfD) pasca melakukan tindakan sekuritisasi terhadap pengungsi pada saat krisis pengungsi Eropa terjadi. Pemerintah Jerman mengambil kebijakan untuk membuka pintu besar-besaran bagi Pengungsi Timur Tengah dan Afrika Utara. Namun tindakan tersebut mendapat penolakan dari Partai Sayap Kanan (Partai AfD) sebagai Partai oposisi yang anti-imigran dan anti-Muslim. Penelitian ini menganalisis data dengan menggunakan paradigma konstruktivisme dan konsep sekuritisasi. Partai AfD melakukan sekuritisasi dengan mengkonstruksi isu pengungsi sebagai isu keamanan. Penelitian ini menjelaskan proses sekuritisasi isu pengungsi yang dimulai dengan securitizing actor, speech act, existential threat, referent object, audience, dan functional actors. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatif dengan pendekatan kualitatif, dimana jenis datanya bersumber dari data sekunder berupa buku, dokumen, jurnal penelitian, artikel ilmiah dan jenis literatur lainnya. Hasil penelitian ini menemukan bahwa tindakan sekuritisasi yang dilakukan Partai AfD saat menjelang pemilu Jerman 2017 ternyata berdampak pada kenaikan suara yang didapatkan Partai AfD dan membawanya menjadi Partai yang populer pada tahun 2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jerman, Partai AfD, Partai Sayap Kanan, Pengungsi, Sekuritisasi.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Jun 2023 12:26
Last Modified: 08 Jun 2023 12:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39442

Actions (login required)

View Item View Item