PENGARUH DOSIS PUPUK NPK DAN KOMPOS LIMBAH BAGLOG JAMUR TIRAM YANG MENGANDUNG Trichoderma sp. TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

Yunita Aulina, Fajriani (2023) PENGARUH DOSIS PUPUK NPK DAN KOMPOS LIMBAH BAGLOG JAMUR TIRAM YANG MENGANDUNG Trichoderma sp. TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1M017146-Yunita Aulina Fajriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
C1M017146-Yunita Aulina Fajriani. ARTIKEL.pdf

Download (815kB) | Preview

Abstract

s limbah baglog jamur tiram yang mengandung Trichoderma sp. terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental yang dilakukan di lapangan. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Faktorial (Randomized Completely Block Design) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu dosis pupuk anorganik (A0= Anorganik 0%, A1= Anorganik 25%, A2= Anorganik 50% dan A3= Anorganik 75%) dan faktor kedua yaitu dosis pupuk kompos limbah baglog jamur tiram yang ditambahkan jamur Trichoderma sp. (K0= 0 g/plot, K1= 90 g/plot, K2= 180 g/plot dan K3= 270 g/plot). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor dosis 3 pupuk anorganik berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun dan laju pertambahan jumlah daun. Faktor dosis pupuk kompos limbah baglog jamur tiram yang mengandung Trichoderma sp. tidak berpengaruh nyata terhadap semua variabel pengamatan. Sedangkan, interaksi antara faktor pupuk anorganik dan kompos limbah baglog jamur tiram yang mengandung Trichoderma sp. berpengaruh nyata pada variabel pengamatan tinggi tanaman, jumlah daun, laju pertambahan jumlah daun, bobot segar umbi dan bobot kering umbi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): bawang merah, jamur Trichoderma sp., kompos limbah baglog jamur tiram, pupuk anorganik
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Jun 2023 00:45
Last Modified: 08 Jun 2023 00:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39444

Actions (login required)

View Item View Item