RESILIENSI REMAJA YANG TERINFEKSI HIV/AIDS DALAM MENGHADAPI STIGMA DAN DISKRIMINASI DI KOTA MATARAM (STUDI KASUS REMAJA YANG TERINFEKSI HIV/AIDS DI KOTA MATARAM)

Nur Utari, Isroyani (2023) RESILIENSI REMAJA YANG TERINFEKSI HIV/AIDS DALAM MENGHADAPI STIGMA DAN DISKRIMINASI DI KOTA MATARAM (STUDI KASUS REMAJA YANG TERINFEKSI HIV/AIDS DI KOTA MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Resiliensi Remaja Yang Terinfeksi HIV Atau AIDS Dalam Menghadapi Stigma Dan Diskriminasi Di Kota Mataram_Nur Utari Isroya~1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Artikel Nur Utari Isroyani.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (134kB)

Abstract

Tingginya pertumbuhan HIVAIDS di Indonesia dipengaruhi oleh meningkatnya pengguna narkoba suntik, maraknya seks bebas dan kelahiran bayi oleh ibu yang terinfeksi HIV. HIV/AIDS sering dikaitkan dengan perilaku atau kebiasaan buruk yang bertentangan dengan norma positif yang ada di masyarakat. Terdapat stigma dan diskriminasi pada remaja ODHA di Kota Mataram. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui resiliensi remaja yang terinfeksi HIV/AIDS dalam menghadapi stigma dan diskriminasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi mengenai Resiliensi Remaja Pengidap HIV/AIDS Dalam Menghadapi Stigma Dan Diskriminasi di Kota Mataram. Dalam menentukan informan atau subjek, peneliti menggunakan teknik purposive sampling yang didukung dengan snowball sampling. Hasil penelitian ini adalah adanya keberanian ODHA dalam menghadapi permasalahan yang ada, dikarenakan dukungan dan motivasi yang diberikan oleh keluarga, kerabat dekat, konselor HIV/AIDS, dan Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) sehingga ODHA remaja dapat berlapang dada menerima dan bisa menghadapi stigma dan diskriminasi yang menimpa mereka. Beberapa bentuk resiliensi ODHA remaja yang ditemukan di lapangan adalah optimisme, mengontrol emosi dengan tepat, motivasi diri, dan percaya diri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): HIV/AIDS, Remaja, Resiliensi, Stigma, Diskriminasi, Mataram
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:25
Last Modified: 08 Jun 2023 07:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39447

Actions (login required)

View Item View Item