PERBANYAKAN BIBIT DENGAN STEK BATANG DAN PERBAIKAN PERTUMBUHAN BIBIT NANAS (Ananas comosus L. Merr) VARIETAS N67-10 DI JA OKINAWA PULAU YAGAJI

Muhammad Imron, Efendi (2023) PERBANYAKAN BIBIT DENGAN STEK BATANG DAN PERBAIKAN PERTUMBUHAN BIBIT NANAS (Ananas comosus L. Merr) VARIETAS N67-10 DI JA OKINAWA PULAU YAGAJI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD IMRON.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_MUHAMMAD IMRON EFENDI_C1M019095.pdf

Download (824kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode perbanyakan bibit dan cara perbaikan bibit nanas varietas N67- 10 dari stek batang di pulau Yagaji. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-Desember 2022 di Yohena, pulau Yagaji Prefektur Okinawa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data primer, sekunder dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif (deskriptif). Metode perbanyakan bibit nanas di JA Okinawa pulau Yagaji adalah stek batang. Tahapan stek batang yaitu: Pemilihan tanaman induk yaitu batang nanas yang berumur dua sampai dua setengah tahun, perbanyakan (section) dengan melakukan pemotongan pada batang menjadi 5-7 potong dengan ketebalan 5 cm dari satu potongan stek batang dapat menghasilkan 3-4 bibit yang akan tumbuh sehingga dalam satu stek dapat menghasilkan 20-28 bibit baru, perendaman dilakukan dua kali, pertama dengan air untuk membersihkan sisa tanah yang menempel dan perendaman kedua menggunakan fungisida dan insektisida untuk menghindari serangan patogen pada stek batang, penanaman dilakukan di dalam nampan plastik dengan media tanam coco peat, pemeliharaan dengan mengecek kondisi bibit di dalam green house, pemanenan dilakukan ketika bibit berusia 3 bulan. Pada musim dingin, pertumbuhan awal bibitnya menjadi terhambat sehingga perbaikan pertumbuhan bibit perlu dilakukan dengan menambahkan retensi panas di dalam green house menggunakan metode pemasangan plastik penutup dengan sedikit ruang disisi dalam penutup karena jika penutupnya rapat maka stek akan mati.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): nanas; bibit; stek batang; retensi; N67-10
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:25
Last Modified: 08 Jun 2023 07:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39451

Actions (login required)

View Item View Item