PEMANFAATAN LARUTAN BUAH PARE (Momordica charantia) UNTUK MASKULINISASI IKAN GUPPY (Poecilia reticulata) DENGAN DOSIS YANG BERBEDA

Fatoni, Azrar (2023) PEMANFAATAN LARUTAN BUAH PARE (Momordica charantia) UNTUK MASKULINISASI IKAN GUPPY (Poecilia reticulata) DENGAN DOSIS YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

Ikan guppy adalah ikan hias yang banyak dibudidayakan dan diminati terutama ikan guppy jantan, dikarenakan ikan guppy jantan memiliki ciri khas menarik dan harga yang mahal. Maskulinisasi diperlukan untuk meningkatkatkan produksi ikan guppy jantan dimana ikan guppy jantan memiliki ciri khas ekor dan warna yang menarik selain itu harga ikan guppy jantan lebih mahal di bandingkan ikan guppy betina sehingga para pembudidaya dapat menghasilkan keuntungan lebih. Buah pare merupakan salah satu buah yang dapat digunakan untuk proses maskulinisasi atau sebagai pengganti hormon sintetis dalam meningkatkan kadar testosteron (hormon jantan). Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh buah pare (Momordica charantia) terhadap jumlah kelamin jantan ikan guppy (Poecilia reticulata) melalui perendaman larva dengan dosis yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan yaitu pada P0 (tanpa pemberian larutan) sebagai kontrol, P1 (larutan buah pare dosis 5 ml/L), P2 (larutan buah pare dosis 10 ml/L), dan P3 (larutan buah pare dosis 15 ml/L). Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu persentase kelamin jantan ikan guppy terbaik pada perlakuan P1 (larutan buah pare dosis 5 ml/L) dengan nilai 66%, tingkat kelangsungan hidup ikan guppy pasca perendaman 100% dan pasca pemeliharaan tertinggi pada P0 (kontrol) dengan nilai 93%. Hasil uji ANOVA didapatkan adanya pengaruh yang signifikan dan hasil uji Duncan didapatkan persentase kelamin jantan ikan guppy tidak berbeda nyata pada perlakuan pemberian larutan buah pare sedangkan tingkat kelangsungan hidup pasca pemeliharaan P3 berbeda nyata terhadap P0, P1, dan P2. Kesimpulan penelitian ini adalah larutan buah pare dengan dosis yang berbeda melalui metode perendaman larva memberikan pengaruh terhadap jumlah kelamin jantan ikan guppy (Poecilia reticulata) dengan waktu perendaman selama 12 jam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Buah Pare, Ikan Guppy, Larva, Maskulinisasi, Perendaman
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Jun 2023 12:31
Last Modified: 08 Jun 2023 12:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39455

Actions (login required)

View Item View Item