KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN CABANG MATARAM DI MASA PANDEMI COVID-19

Jaka Sabroli, Ihsan (2023) KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN CABANG MATARAM DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JAKA SABROLI IHSAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL JAKA SABROLI IHSAN.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda hampir di seluruh dunia memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat di berbagai bidang. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah Indonesia untuk menekan kasus pandemi Covid-19 termasuk berinovasi dengan pelayanan digital BPJS Kesehatan untuk meningkatkan pelayanan public yang lebih baik pada masa pandemic Covid- 19. BPJS Kesehatan mengembangkan inovasi dalam hal pelayanan administrasi kepesertaan tanpa tatap muka melalui BPJS Kesehatan Care Center 1 500 400, Mobile JKN, Chat Assistant JKN (CHIKA), Voice Interactive JKN (VIKA), Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA). Inovasi baru dalam pelayanan publik yang dilakukan BPJS merupakan langkah yang baik untuk dapat menghasilkan kepuasaan bagi masyarakat sebagai pihak yang menerima pelayanan. Inovasi yang dilakukan BPJS Kesehatan selama pandemic covid-19 tentu tidak berjalan baik tanpa komunikasi yang baik antara pihak BPJS Kesehatan Kota Mataram dengan para pelanggan BPJS Kesehatan. Oleh karena itu penelitian ini berusaha menjelaskan proses komunikasi dengan analisis alur komunikasi antara BPJS Kesehatan dengan para penerima layanan BPJS Kesehatan tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deksriptif. Data diambil dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian danta dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan komunikasi BPJS Kesehatan Kota Mataram pada masa pandemi covid-19 dengan dua bentuk yaitu online dan hybrid. Komunikasi BPJS Kesehatan lebih banyak dilakukan satu arah dengan komunikasi massa melalui media sosial seperti teori Jarum Suntik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komunikasi, Komunikasi Pelayanan Publik , Covid-19, BPJS Kesehatan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Jun 2023 12:31
Last Modified: 08 Jun 2023 12:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39461

Actions (login required)

View Item View Item