STUDI POPULASI DAN SEBARAN MONYET EKOR PANJANG (Macaca fascicularis) DI KAWASAN HUTAN JERUK MANIS RESORT KEMBANG KUNING TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI

L.Haerul, Anam (2023) STUDI POPULASI DAN SEBARAN MONYET EKOR PANJANG (Macaca fascicularis) DI KAWASAN HUTAN JERUK MANIS RESORT KEMBANG KUNING TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI L.Haerul Anam_C1L018035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL L.Haerul Anam_C1L018035.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) adalah spesies hewan penjaga hutan yang berperan penting di alam liar. Secara geografis monyet ekor panjang tersebar di setiap kawasan di seluruh dunia mulai dari daratan Asia Tenggara hingga di kawasan utama Asia. Menurut Red list IUCN populasi monyet ekor panjang sudah masuk kedalam status Endangered. Mengingat belum adanya data terkait monyet ekor panjang di Kawasan Hutan Jeruk Manis, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui jumlah populasi monyet ekor panjang. Metode yang digunakan adalah metode jelajah. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh ukuran populasi monyet ekor panjang adalah 85 individu dengan 4 kelompok dengan perjumpaan terbesar ditemukan pada kelompok 3 sebanyak 29 individu sedangkan perjumpaa terkecil ditemukan pada kelompok 2 dengan 13 individu. Struktur umur menunjukkan pola piramida lonceng dimana hal tersebut menunjukkan bahwa laju pertumbuhan monyet ekor panjangkonstan dan stabil. dengan perbandingan seks rasio keseluruhan 1 : 2.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): hutan jeruk manis,monyet ekor panjang, populasi
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Jun 2023 12:31
Last Modified: 08 Jun 2023 12:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39472

Actions (login required)

View Item View Item