NILAI SOSIAL DAN NILAI PENDIDIKAN PADA TRADISI WURA BONGI MONCA DALAM ADAT PERKAWINAN SUKU MBOJO (Studi di Desa Maria, Kec.Wawo, Kab. Bima)

RUBI, ANTI (2023) NILAI SOSIAL DAN NILAI PENDIDIKAN PADA TRADISI WURA BONGI MONCA DALAM ADAT PERKAWINAN SUKU MBOJO (Studi di Desa Maria, Kec.Wawo, Kab. Bima). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RUBIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Rubianti (E1S016074).pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai sosial dan nilai pendidikan pada tradisi wura bongi monca dalam adat perkawinan di Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima. Penelitian mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Jenis data terdiri dari data primer dan sekunder yaitu subjek dan informan. Tehnik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data yakni teknik reduksi data, penarikan kesimpulan, trigulasi. Hasil penelitian yaitu (1) bentuk nilai sosial pada tradisi wura bongi monca dalam adat perkawinan mengandung nilai yang berguna bagi jasmani manusia seperti (a) nilai material yaitu beras kuning; (b) Nilai vital meliputi berbagai konsepsi berkaitan dengan segala sesuatu yang berguna manusia dalam melaksanakan berbagai aktivitas seperti boko atau mangkok, pakaian adat dan alat musik tradiosonal; (c) nilai kerohanian, meliputi berbagai konsepsi yang berkaitan dengan segala sesuatu berhubungan dengan kebutuhan rohani manusia seperti berdoa. (2) Bentuk pendidikan pada tradisi wura bongi monca dalam perkawinan yaitu (a) pendidikan religious dalam bentuk berdoa sebelum memulai ritual; (b) pendidikan moral yaitu bergotong royong; (c) pendidikan budaya yaitu menjadikan tradisi wura bongi monca kebiasaan yang terus dilestrikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Sosial, Nilai Pendidikan, Tradisi Wura Bongi Monca, Perkawinan
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Jun 2023 12:33
Last Modified: 08 Jun 2023 12:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39494

Actions (login required)

View Item View Item