C37 - PENGARUH PENGETAHUAN WAJIB PAJAK, KESADARAN WAJIB PAJAK, LINGKUNGAN SOSIAL, SISTEM SAMSAT DRIVE THRU DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI WILAYAH LOMBOK TIMUR

SAUFI, AKHMAD and Erisfiana, Erisfiana and Lalu, M. Furkan (2020) C37 - PENGARUH PENGETAHUAN WAJIB PAJAK, KESADARAN WAJIB PAJAK, LINGKUNGAN SOSIAL, SISTEM SAMSAT DRIVE THRU DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI WILAYAH LOMBOK TIMUR. Distribusi, 8 (1). pp. 13-22. ISSN ; p-ISSN: 0853-9571; e-ISSN: 2477-1767

[img]
Preview
Text
erisfiana.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Lingkungan Sosial, Sistem Samsat Drive Thru Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor ….pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: https://distribusi.unram.ac.id/index.php/distribus...

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh antara variabel pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, lingkungan sosial, sistem SAMSAT Drive Thru, dan kualitas layanan terhadap keputusan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor di wilayah Lombok Timur. Sampel yang digunakan adalah wajib pajak kendaraan bermotor yang berada di Kabupaten Lombok Timur dan diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, dan sistem SAMSAT Drive Thru berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membayar pajak kendaraan bermotor di wilayah Lombok Timur, sedangkan lingkungan sosial dan kualitas layanan tidak signifikan dalam mempengaruhi keputusan wajib pajak. Pemerintah dalam hal ini instansi terkait (BAPPENDA) dapat memberikan sosialisasi dan edukasi secara merata dan terjadwal mengenai peraturan perpajakan sehingga meningkatkan pengetahuan wajib pajak pada setiap lingkungan, sebab diketahui lingkungan sosial wajib pajak termasuk dalam kategori kurang kondusif. Selain itu pihak BAPPENDA harus memperbaiki unsur pelayanan dengan cara memberikan pelatihan dan seminar kepada para pegawainya.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Lingkungan Sosial, SAMSAT Drive Thru, Kualitas Layanan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: H. Ahmad Saufi, SE., M.Bus., Ph.D
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:34
Last Modified: 12 Jun 2023 08:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39496

Actions (login required)

View Item View Item