PENGGUNAAN BIOINDIKATOR IKAN MUJAIR DARI DANAU RAWA TALIWANG UNTUK MENENTUKAN KANDUNGAN LOGAM BERAT TIMBAL ( Pb) TAHUN 2022

ERA MEIZATON, ELFIZA (2023) PENGGUNAAN BIOINDIKATOR IKAN MUJAIR DARI DANAU RAWA TALIWANG UNTUK MENENTUKAN KANDUNGAN LOGAM BERAT TIMBAL ( Pb) TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Era Meizaton Elfiza-E1A019027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Jurnal JPPIPA_Era Meizaton Elfiza_Pedidikan Biologi (1) (1).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (495kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan logam berat Timbal (Pb) pada ikan Mujair dari Danau Rawa Taliwag dan mengetahui apakah ikan Mujair sebagai bioindikator yang berasal dari Danau Rawa Taliwang layak dikonsumsi sesuai dengan peraturan BPOM Nomor 9 Tahun 2022 tentang Persyaratan Cemaran Logam Berat dalam Pangan Olahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampiling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 4 ekor. Bagian yang diambil yaitu daging ikan Mujair yang selanjutnya akan dianlisis dengan menggunakan metode Atomic absorbtion spectrophotometri (AAS). Analisis sampel dilakukan di Laboratorium Analisis Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mataram dan Balai Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini berlangsung pada bulan Agustus 2022-Maret 2023. Hasil penelitian menunjukan bahwa kandugan logam berat Timbal dalam tubuh ikan Mujair dari Danau Rawa Taliwang berkisar antara 0,197 mg/kg sampai 0,199 mg/kg sehingga didapatkan rata-rata sebesar 0,197 mg/kg. Ikan Mujair dari Danau Rawa Taliwang masih di bawah ambang batas sehingga masih aman di konsumsi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ikan Mujair, Timbal (Pb), Danau Rawa Taliwang
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Jun 2023 12:34
Last Modified: 08 Jun 2023 12:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39498

Actions (login required)

View Item View Item