KEMAMPUAN GURU BAHASA INDONESIA DI KECAMATAN SANGGAR BIMA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS

Jumratul, Akbar (2023) KEMAMPUAN GURU BAHASA INDONESIA DI KECAMATAN SANGGAR BIMA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis Fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4938-17754-1-PB (1).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru bahasa Indonesia di Kecamatan Sanggar Bima dalam mengimplementasikan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penilitian ini memakai metode simak dan metode cakap. Sementara metode analisis data menggunakan metode padan intralingual dan eksralingual teknik HBB, HBS, dan HBSP. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) kemampuan guru bahasa Indonesia di Kecamatan Sanggar Bima dalam mengimplementasikan tahap pemodelan berkategori cukup mampu dengan perolehan skor 68, (2) kemampuan guru bahasa Indonesia di Kecamatan Sanggar Bima dalam mengimplementasikan tahap menyusun teks secara bersama-sama berkategori sangat mampu dengan perolehan skor 100, (3) kemampuan guru bahasa Indonesia di Kecamatan Sanggar Bima dalam mengimplementasikan tahap menyusun teks secara mandiri berkategori kurang mampu dengan perolehan skor 61. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru bahasa Indonesia di Kecamatan Sanggar Bima dalam mengimplementasikan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks berkategori cukup mampu dengan perolehan skor 75.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): kemampuan guru, pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:35
Last Modified: 09 Jun 2023 02:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39527

Actions (login required)

View Item View Item